Perusahaan yang baik biasanya mempunyai sistem perlindungan atau proteksi bagi karyawan, paling tidak perlindungan kesehatan di dalam bentuk asuransi kesehatan atau perlindungan jiwa dalam bentuk asuransi jiwa. Apalagi sekarang ini, ada peraturan pemerintah yang mengharuskan perusahaan untuk ikut ke dalam program BPJS Kesehatan. Sejumlah perusahaan malah memberikan asuransi tambahan atau asuransi perusahaan dari perusahaan asuransi swasta bagi karyawannya.

Jika asuransi tambahan inipun masih dirasa kurang, maka tidak ada salahnya mulai melirik asuransi tambahan untuk proteksi diri. Paling tidak ada dua produk asuransi jiwa yang perlu Anda pertimbangkan, yakni asuransi kesehatan dan asuransi jiwa. Pertimbangan apa saja yang perlu untuk Anda pikirkan sebelum ambil produk asuransi tambahan? Simak ulasan berikut ini!

Apa yang Dimaksud dengan Polis Asuransi Kumpulan?

Polis Asuransi Kumpulan merupakan polis asuransi diterbitkan oleh suatu organisasi yang membeli perlindungan atau proteksi, bagi suatu grup atau kelompok tertentu. Di dalam polis kumpulan, satu kontrak akan tanggung lebih dari satu individu atau keluarga.

Karyawan bukan jadi pihak yang membuat dan berhak untuk terima salinan kontrak induk, tapi perusahaan yang mempunyai kedudukan tersebut. Walaupun begitu, karyawan nantinya akan diberikan “sertifikat asuransi” dari perusahaan, yang merupakan pemegang polis.

Biasanya, Asuransi Kumpulan jadi sebuah program kesejahteraan bagi karyawan yang perusahaan prakarsai. Program Asuransi Kumpulan sebenarnya tak hanya Asuransi Kesehatan, tapi juga ada Asuransi Jiwa ataupun program pensiun.

Memproses Identifikasi serta Seleksi Risiko Asuransi Perusahaan atau Karyawan Berbeda dengan Asuransi Perorangan

Proses identifikasi serta seleksi risiko Asuransi Kumpulan beda dengan perorangan. Seperti yang diketahui pada proses ini, ada peninjauan pada berbagai faktor yang pengaruhi risiko kesehatan karyawan. Misalnya, Asuransi Kesehatan karyawan, perusahaan asuransi akan nilai risiko dari suatu kelompok karyawan.

Sejumlah faktor yang bisa mempengaruhi perkiraan tingkat morbiditas suatu kelompok karyawan, seperti:

  • Sifat industri di mana calon-calon tertanggung (karyawan) bekerja Distribusi usia di dalam kelompok, semakin tua umur pastinya semakin tingkat dari morbiditasnya.
  • Distribusi pria serta wanita di dalam kelompok karyawan, hal tersebut disebabkan karena walaupun pada usia sama, tingkat morbiditas wanita cenderung lebih tinggi dibandingkan pria.

Asuransi Perusahaan atau Karyawan Sebaiknya Dilengkapi Manfaat Penggantian Pendapatan Cacat serta Jiwa

Semakin Asuransi Karyawan memiliki manfaat lengkap, maka hal tersebut menunjukkan bahwa tingkat kepedulian dari perusahaan pada karyawan cukup tinggi. Selain penggantian biaya untuk berobat, seperti rawat jalan, rawat inap, serta obat-obatan, pemberi kerja pun dapat dipertimbangkan fasilitas Asuransi Kesehatan karyawan berupa disability income atau penggantian pendapatan cacat serta proteksi jiwa.

Asuransi pendapatan cacat seperti program Asuransi Kesehatan yang sediakan pergantian pendapatan pada karyawan atau tertanggung yang sudah tak mampu lagi untuk bekerja, karena suatu kecelakaan atau penyakit. Semakin tinggi risiko pekerjaan yang karyawan miliki, sebaiknya perusahaan pertimbangkan untuk pemberian asuransi satu ini.

Beberapa Pertimbangan Penting Sebelum Anda Ambil Produk Asuransi Tambahan

Seperti yang disebutkan di atas, jika Anda masih kurang dengan adanya asuransi perusahaan, maka Anda bisa mengambil produk asuransi tambahan. Tapi, ada sejumlah pertimbangan yang harus Anda ketahui, seperti:

  • Asuransi Anda Saat Ini Adalah Kelas Pelayanan atau Nilai Pertanggungan di Luar dari Harapan
    Asuransi kesehatan memiliki kelas layanan yang tersendiri sesuai premi dibayarkan. Jika Anda merasa kelas layanan diberikan tak sesuai dengan harapan, tidak ada salahnya Anda mencari asuransi tambahan. Begitu pula dengan asuransi jiwa, apakah uang pertanggungan diberikan sudah lumayan besar atau belum. Sesuaikan dengan kebutuhan Anda, paling tidak mencakup pertanggungan kurang lebih 1 miliar rupiah. Jika masih kurang, Anda bisa ambil tambahan asuransi di luar kantor.
  • Tak Nyaman dengan Layanan Asuransi dari Perusahaan
    Satu hal yang sangat membuat tak nyaman dari ikut program asuransi yakni proses atau mekanisme klaim. Jika asuransi dari kantor sekarang ini Anda rasa cukup merepotkan, misal layanan rumah sakit yang terbatas, atau mobilitas Anda yang tinggi sedangkan proses klaim merepotkan dan susah, maka sebaiknya Anda mempertimbangkan untuk membeli atau mengambil asuransi tambahan yang lain.
  • Anggaran untuk Beli atau Ambil Auransi Tambahan
    Faktor satu ini paling penting untuk Anda jadikan sebagai acuan utama. Jangan sampai Anda memaksakan diri mengikuti asuransi tambahan yang malah akan bebani pengeluaran bulanan sehingga malah membuat Anda menjadi stres.

Manfaat dari Asuransi Karyawan atau Asuransi Perusahaan

Ada sangat banyak manfaat dari asuransi karyawan yang bisa didapatkan oleh para pekerja, terlepas dari apa jabatannya. Berikut ini sejumlah manfaat dari asuransi karyawan.

  • Karyawan Menjadi Lebih Nyaman Karena Merasa Adanya Perlindungan atau Proteksi
    Saat karyawan telah mempunyai asuransi, mereka akan merasa lebih nyaman ketika bekerja. Hal itu karena adanya jaminan yang berupa perlindungan dari berbagai hal yang tak diinginkan.
    Anda maupun orang lain tidak pernah tahu kapan musibah bisa datang menghampiri. Walaupun asuransi tak dapat menghindari terjadinya risiko atau musibah, paling tidak risiko itu bisa ditanggung pihak asuransi. Sehingga, karyawan bisa bekerja dengan lebih tenang.
  • Lindungi Karyawan Secara Keuangan atau Finansial
    Tak dapat dipungkiri bahwa kesehatan itu memiliki harga yang mahal. Rata-rata orang harus mengeluarkan biaya yang tak sedikit saat memeriksakan diri ke dokter atau rumah sakit. Apalagi jika penyakit yang diderita adalah penyakit serius. Di sinilah asuransi bisa berperan karena bisa melindungi Anda dan pekerja lain secara finansial.
    Saat karyawan tiba-tiba sakit dan tak mempunyai cukup uang, karyawan dapat mengandalkan asuransi kesehatan yang dapat di-reimburse oleh perusahaan. Bahkan, sejumlah perusahaan pun menyediakan fasilitas asuransi yang bersifat cashless serta mengurangi plafon. Sehingga karyawan tak perlu memakai uang mereka lebih dulu.
  • Meminimalkan Risiko Saat Terkena Musibah atau Kecelakaan
    Fungsi utama dari asuransi adalah untuk meminimalkan risiko dan memberikan perlindungan atau proteksi. Saat karyawan jatuh sakit, misalnya untuk cover biaya perawatan sehingga karyawan menjadi lebih siap saat jatuh sakit.
  • Tingkatkan Kesejahteraan Karyawan
    Pemberian asuransi karyawan akan memberikan dampak pada kesejahteraan mereka. Ini berarti karyawan bisa melihat jika perusahaan Anda tak hanya memedulikan mengenai profit, tapi juga memperhatikan kesehatan para karyawannya. Karena, sudah sewajarnya perusahaan bisa menanggung biaya perawatan melalui asuransi saat karyawan jatuh sakit atau terkena musibah saat bekerja. Ini pun berlaku untuk keluarga inti karyawan.

Misalnya, jika istri karyawan akan melahirkan serta membutuhkan biaya persalinan, asuransi bisa cover biaya tersebut. sehingga karyawan hidupnya menjadi lebih sejahtera, serta tingkat loyalitas karyawan pada perusahaan juga bisa meningkat.

Meningkatnya kesejahteraan pun pastinya akan berbanding lurus dengan kualitas kerja dari para karyawan. Saat mereka dapat menjadi lebih produktif karena senang bekerja di perusahaan, secara otomatis kinerja dari perusahaan akan semakin produktif serta bisa mencapai tujuan dengan lebih cepat.

Jadi, jika Anda bertanya apakah asuransi perusahaan saja cukup? Jawabannya sebenarnya tergantung pada diri sendiri. Namun, jika ada asuransi tambahan, proteksi atau perlindungan diri dan keluarga menjadi lebih banyak, ini tentu dapat membuat Anda merasa lebih nyaman dalam menjalani hidup.

Artikel Lainnya

Hukum Mengurus Jenazah Muslimah, Syarat, Proses, Hingga Doa yang Perlu Dibaca!

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman