Membuat dekorasi rumah duka untuk menguatkan rasa hormat kepada kerabat yang telah berpulang membutuhkan trik khusus. Sebab, dekorasi ini tidak sekedar indah dan menarik. Setiap detail harus dapat mewakili pesan yang ingin keluarga sampaikan.

Dalam ruang duka, penataan ruang, benda, dan hiasan yang ada memiliki peran penting tersendiri. Mulai dari pemilihan foto, warna yang menjadi nuansa ruangan, hingga detail lain seperti lilin dan bunga.

8 Tips dan Trik Dekorasi untuk Rumah Duka

Memperhatikan dan menerapkan beberapa tips dan trik berikut ini perlu Anda pertimbangkan untuk memberikan penghormatan terbaik, yaitu:

1. Memilih Foto

Ruang duka adalah tempat disemayamkannya almarhum sebelum kemudian menuju proses pemakaman maupun kremasi. Oleh sebab itu, penataan ruangan ini sangat penting, sebagai bagian dari penghormatan terbaik untuk terakhir kalinya.

Salah satu yang perlu menjadi perhatian adalah memilih foto terbaik almarhum sebagai tanda pengenangan. Untuk memilih foto, sebaiknya Anda memilih foto dengan ketajaman yang baik.

Pilih foto almarhum dengan rona wajah yang ceria. Sebab, hal ini menunjukkan bahwa almarhum telah menjalani kehidupan yang baik.

2. Nuansa Warna

Tips dekorasi rumah duka berikutnya adalah dalam hal pemilihan warna yang akan nampak mendominasi ruangan. Warna ini nantinya akan muncul dalam pemilihan bunga, kain yang menutup dinding, hingga sarung kursi.

Pemilihan warna putih dan pastel akan menjadi lambang kehormatan dan kesucian. Selain itu, warna ini juga menunjukkan bahwa keluarga telah melepas almarhum dengan ikhlas.

Warna pastel yang dapat menjadi pertimbangan antara lain warna coklat muda atau krem. Sedangkan pilihan lain adalah hijau muda yang biasanya muncul dalam bentuk dedaunan yang menjadi hiasan.

3. Jenis Bunga

Hal penting berikutnya adalah dalam hal pemilihan jenis bunga yang menjadi hiasan dalam ruangan. Bunga ini dapat terangkai dalam bentuk karangan bunga berdiri atau standing flower untuk penempatan pada salah satu sisi peti (bagian kanan dan kiri).

Beberapa bunga yang dapat menjadi pilihan adalah bunga kamboja, mawar putih, dan lili. Bunga kamboja memiliki makna kesucian dan kemurnian. Selain itu, bunga ini juga menunjukan pengharapan dari keluarga almarhum.

Sedangkan mawar putih adalah simbol cinta dan penghormatan. Maka tak heran, bunga yang satu ini biasanya ditempatkan pada bagian foto almarhum untuk menunjukkan cinta dari keluarga.

Selain mawar putih, Anda juga dapat menempatkan bunga lili pada foto almarhum. Sebab, bunga ini adalah simbol penghormatan sekaligus keabadian.

4. Pencahayaan

Tips dekorasi rumah duka selanjutnya adalah pengaturan pencahayaan. Sekalipun dalam suasana duka, bukan berarti pencahayaan menjadi suram. Ruangan yang terang dan cerah menjadi penghormatan tersendiri bagi almarhum.

Dengan pencahayaan yang sesuai, suasana yang tercipta adalah rasa tenang dan damai. Maka, sebaiknya Anda memilih lampu berwarna putih.

Selain itu, Anda dapat meletakkan lampu tambahan. Lampu tambahan dapat Anda tempatkan untuk menyorot papan informasi duka atau berdekatan dengan standing flower.

Pengaturan pencahayaan yang tepat tidak akan menjadi kendala, terlebih jika Anda memanfaatkan jasa pemakaman yang lebih profesional dalam hal dekorasi rumah duka.

5. Papan Informasi

Selanjutnya adalah berkaitan dengan papan informasi duka. Papan informasi ini biasanya berisi nama dan usia almarhum. Selain itu, hal penting lain adalah waktu wafat, waktu ibadah penghiburan dan tutup peti, hingga pemakaman.

Sebaiknya, Anda menempatkan papan informasi pada posisi yang mudah untuk terlihat. Dengan demikian, kerabat dan kolega yang datang dapat mendapatkan informasi dengan mudah.

Selain lokasi penempatan, Anda juga dapat memperhatikan agar tulisan pada papan menggunakan jenis font dan warna yang mudah terbaca. Anda juga dapat menempatkan bunga di bagian tepi papan tersebut.

6. Aroma

Tips dekorasi rumah duka berikutnya adalah berkaitan dengan aroma. Anda dapat memilih aroma yang sesuai dengan jenis bunga pada hiasan. Dengan demikian, aroma terasa alami dan menyatu untuk mewakili hormat pada almarhum.

Aroma dapat Anda tempatkan sebagai pengharum ruangan, sehingga aroma yang menyebar tak hanya menjadi tanda penghormatan. Namun, juga menciptakan nuansa yang tenang bagi seisi ruangan.

Hal ini juga meningkatkan kekhusyukan suasana. Terutama, bagi keluarga yang mengadakan ibadah penghiburan dan penutupan peti.

7. Lilin

Pemilihan dan penempatan lilin juga menjadi bagian penting ketika menata rumah duka. Lilin memiliki makna kehidupan yang hanya sementara, namun memberi terang dan bimbingan pada sekitarnya.

Selain itu, menyalakan lilin dalam suasana duka juga adalah simbol kedamaian dan harapan. Maka tak heran, lilin selalu disediakan dalam dekorasi kedukaan.

Anda dapat memilih lilin dengan ukuran besar dan menempatkannya pada sisi foto almarhum. Hal ini akan menjadi tanda penghormatan.

Menata bunga pada bagian bawah lilin dengan warna yang seirama dengan nuansa ruangan juga dapat Anda lakukan. Ini akan menambah suasana khidmat dan damai.

8. Hiasan pada Peti

Tips dekorasi rumah duka yang terakhir adalah hiasan pada peti. Hiasan ini biasanya menggunakan bunga dan daun yang terbuat dari plastik. Tidak menggunakan bunga asli untuk menghindari serangga atau lain selama prosesi persemayaman sebelum peti ditutup.

Hal yang perlu Anda perhatikan adalah warna dari bunga plastik tersebut. Sebaiknya memilih warna yang senada dengan nuansa ruangan. Misalnya adalah putih dan krem atau kuning muda.

Selain itu, pengaturan jarak antar bunga juga dapat Anda sesuaikan, agar tidak terlalu dekat atau terlalu jauh antara satu dengan yang lainnya.

Selain agar baik dilihat, hiasan bunga pada peti juga menjadi simbol penghormatan terakhir dari keluarga kepada almarhum.

Jasa Dekorasi Rumah Duka

Dalam suasana duka karena berpulangnya orang terkasih, keluarga maupun kerabat terkadang mengalami kesulitan tersendiri, baik dalam proses persemayaman pada ruang duka hingga pemakaman.

Terdapat detail-detail tertentu yang dapat terlewat untuk diurus. Oleh sebab itu, ada baiknya keluarga memanfaatkan penyedia jasa pemakaman. Penyedia jasa semacam ini biasanya menyediakan berbagai paket layanan.

Sehingga, keluarga yang berduka dapat memanfaatkannya sesuai dengan kebutuhan. Misalnya, memilih paket lengkap untuk pengurusan pemakaman atau hanya paket tertentu, misalnya jasa dekorasi dan dokumentasi.

Salah satu penyedia jasa pemakaman terbaik adalah Kamboja. Selain tersedia paket proteksi pemakaman secara umum, Kamboja juga menyediakan layanan dekorasi rumah duka yang profesional dan dapat dipercaya, hubungi kontak Kamboja untuk mendapatkan informasi yang lebih lengkap.

Yuk, Berikan Penghormatan Terbaik untuk Orang Terkasih!

Membuat dekorasi terbaik saat persemayaman merupakan kesempatan terakhir untuk memberikan penghormatan kepada orang terkasih yang telah berpulang. Oleh sebab itu, keluarga perlu mengupayakan sebaik mungkin tanpa mengabaikan rasa duka yang ada. Memanfaatkan jasa dekorasi rumah duka adalah pilihan yang tepat untuk Anda lakukan.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0