Kedukaan adalah hal yang tidak bisa dihindari oleh seluruh umat manusia. Maka dari itu, pemakaman hadir untuk menghormati leluhur yang telah tiada. Dari sisi fengshui kuburan Tionghoa, ternyata pemakaman juga bisa menentukan nasib generasi berikutnya.

Dalam kebudayaan Tionghoa, semua benda memiliki aliran energi atau dapat Anda sebut sebagai Qi. Aliran Qi ini dapat mempengaruhi unsur baik atau buruk dalam kehidupan seseorang. Kuburan atau makam pun tidak menjadi pengecualian dari keberadaan aliran energi tersebut.

Lantas, apa saja seluk beluk dari prinsip ini? Simak selengkapnya di sini!

Apa Itu Fengshui Kuburan Tionghoa?

Tidak hanya perumahan, ternyata pemakaman pun juga memiliki fengshui tersendiri. Fengshui kuburan Tionghoa atau yang memiliki nama lain yin zhai adalah ilmu dalam membuat pemakaman yang dapat menentukan nasib keluarga atau keturunan setelahnya.

Karena kesamaan unsur genetik, kuburan memiliki pengaruh yang tidak sedikit untuk generasi penerus dari orang yang telah meninggal. Biasanya, pengaruh ini dapat terlihat di keturunan laki-laki satu tahun setelah pemakaman.

Bahkan, fengshui pemakaman yang tidak baik dipercaya dapat memberikan nasib buruk kepada generasi penerus hingga 30 tahun lamanya. Padahal, jika fengshui pemakaman terpantau buruk, maka mau tidak mau biaya pemakaman harus meningkat. Karena makam harus mengalami proses renovasi atau perbaikan.

Namun, Anda juga harus memahami bahwa, aspek atau prinsip fengshui umumnya membutuhkan perhitungan yang akurat dan tidak dapat Anda lakukan sembarangan. Sehingga, ahli fengshui memiliki peranan penting dalam melakukan perhitungan tersebut.

Prinsip Lokasi Fengshui Kuburan Tionghoa

Dalam pelaksanaannya, fengshui pemakaman Tionghoa memiliki beberapa aturan maupun prinsip yang harus Anda ikuti agar keturunan mendapatkan manfaatnya. Ada dua prinsip utama yang harus seseorang perhatikan dalam membuat kuburan. Berikut penjelasan lengkapnya:

1. Di Ling Ren Jie (地灵人杰)

Di Ling Ren Jie” dalam bahasa Indonesia mempunyai makna “Tanah dengan energi kehidupan atau Qi hidup akan menghasilkan manusia yang luar biasa.”.

Agar dapat memenuhi prinsip fengshui kuburan Tionghoa ini, Anda bisa menempatkan pemakaman di daerah dataran tinggi. Terutama di daerah pegunungan. Di Indonesia, termasuk untuk fengshui rumah, daerah semacam ini memiliki istilah Tanah Naga.

2. Zang Feng Ju Qi ( 藏风聚气)

Dalam bahasa Indonesia, istilah ini memiliki arti “Terlindung dari terpaan angin, energi kehidupan mengumpul.”. Maksudnya, tanah pemakaman sebaiknya memiliki aliran air dan latar belakang pegunungan yang indah.

Karena selain berada di Tanah Naga, makam juga harus memiliki perlindungan dari empat sisi. Di sisi kiri ada perlindungan Naga Hijau, dari sisi kanan ada Macan Putih, Phoenix Merah di sisi depan, dan Kura-kura Hitam di sisi belakang. Di kebudayaan Tionghoa, keempat perlindungan ini memiliki sebutan lain, yaitu Qinglong Baihu.

Tips Membuat Kuburan Sesuai Fengshui

Karena dengan banyak sekali faktor yang mempengaruhi aliran Qi dalam fengshui kuburan Tionghoa, tentu hal ini membuat orang yang tergolong pemula menjadi bingung. Untungnya, ada beberapa cara atau kiat agar makam yang Anda bangun untuk leluhur Anda bisa menyebarkan energi positif. Berikut rangkumannya:

1. Memilih Lokasi Makam yang Dekat Sungai

Seperti yang tertulis pada sub bab sebelumnya, lokasi yang Anda pilih haruslah memenuhi dua prinsip, yakni Tanah Naga dan Qinglong Baihu. Lokasi makam yang terkenal memiliki pengaruh baik adalah dekat aliran sungai. Karena sungai dipercaya dapat memberikan energi baik.

Namun, untuk masalah alur sungai, Anda harus memperhatikan arah masuk dan keluarnya. Usahakan arah aliran masuk tidak berasal dari belakang makam. Karena jika dapat diibaratkan, Anda akan membuat kepala leluhur disirami air secara terus-menerus.

Aliran keluar sungai yang Anda pilih juga tidak boleh sembarangan. Pasalnya, arah keluar sungai juga dapat menentukan nasib baik yang berupa kekayaan dan kesehatan bagi generasi penerus.

Selain itu, pada fengshui kuburan Tionghoa, genangan air tidak akan membawa nasib baik. Anda harus menghindari genangan air apapun di sekitar makam agar tidak menghalangi aliran energi positif.

2. Peletakan Makam

Jika lokasi sudah cocok, maka Anda juga harus mempelajari mengenai peletakan makam. Dalam ilmu fengshui makam Tionghoa, ada baiknya jika daerah depan pemakaman memiliki lapangan terbuka alih-alih tempat yang sempit dan penuh pepohonan besar.

Pasalnya, area dataran yang luas memiliki filosofi janji maupun semangat yang besar. Selain itu, jika Anda terpaksa harus membangun pemakaman di tempat yang ada pohon besarnya, pastikan Anda memotong pohon tersebut sampai ke akarnya.

Karena berkebalikan dengan daerah dataran luas, pepohonan besar memiliki pengaruh buruk pada sebuah makam. Makam juga sebaiknya memiliki jarak dalam bentuk segitiga siku-siku. Hal tersebut bertujuan untuk menghindari perselisihan dengan orang lain.

3. Menyatu dengan Alam

Meski terletak di dataran luas, fengshui kuburan Tionghoa juga menganjurkan untuk membangun makam yang menyatu dengan alam. Dalam artian lain, makam yang Anda bangun untuk leluhur tidak boleh berlatarkan pemukiman yang padat. Namun, harus memiliki latar belakang pemandangan alam dengan kesan natural.

Tidak hanya itu, bahan utama untuk makam juga tidak bisa sembarangan. Hindari menggunakan semen, beton, atau bahan baku lain yang sekiranya dapat menghalang air dan udara. Karena bahan baku tersebut, aliran energi bisa terhalang dan tidak berdampak baik pada nasib generasi penerus.

4. Batu Nisan

Satu unsur yang tidak boleh luput dari perhatian adalah batu nisan atau bongpai. Selain memiliki fungsi untuk memberi identitas makam, ternyata batu nisan juga berhubungan dengan fengshui makam Tionghoa.

Layaknya satelit, batu nisan berfungsi untuk menangkap energi dari berbagai penjuru bumi. Biasanya, arah mata angin selatan hingga tenggara dipilih sebagai arah ideal. Selain itu, batu nisan juga tidak boleh Anda biarkan retak atau luntur.

Sudah Paham Mengenai Fengshui Kuburan Tionghoa?

Layaknya fengshui kuburan Tionghoa yang ingin memberikan kemakmuran bagi generasi penerus. Proteksi makam oleh Kamboja juga dapat memberikan rasa aman yang serupa. Kamboja sendiri merupakan penyedia jasa pemakaman yang dapat Anda andalkan mengurus segala prosesi pemakaman agar berjalan lancar.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman