Ada banyak sekali peristiwa yang menyebabkan seseorang kehilangan nyawanya. Pihak keluarga atau saudara tentu dengan sukarela akan mengurus jenazah tersebut mulai dari perawatan hingga proses pemakaman. Sayangnya, ada beberapa jenazah yang tidak diketahui identitas keluarga yang jelas sehingga tidak ada yang mengurus.

Permasalahan terkait identitas terkadang menjadi urusan panjang dalam proses pengurusan jenazah. Biasanya, jenazah tanpa identitas ini ditampung oleh rumah sakit milik pemerintah dengan prosedur tertentu. Anda bisa menyimak ulasan di bawah ini untuk mengetahui informasi lebih lanjut.

Apa Itu Jenazah Tanpa Keluarga?

Jenazah tanpa keluarga merupakan seseorang yang telah meninggal dan tidak ada identitas maupun keluarga yang bertanggung jawab. Biasanya, jenazah ini akan di bawa ke rumah sakit untuk di identifikasi. Namun, pihak rumah sakit biasanya tidak mengumumkan mayat tanpa identitas dan ciri-cirinya ke media.

Karena itu, jika Anda yang sedang mencari anggota keluarga atau kerabat yang hilang, bisa segera mengunjungi rumah sakit tertentu. Barangkali terdapat penemuan mayat yang merupakan keluarga Anda. Pihak rumah sakit biasanya menyimpan mayat selama minimal dua hari sembari menunggu apakah ada pihak keluarga yang mengakui.

Ada pula proses penyimpanan mayat hingga 3-4 bulan di ruang pendingin yang ada di kamar mayat. Beberapa jenazah tanpa identitas ini seperti mayat bayi yang terbuang atau terbunuh, korban kebakaran yang sulit
diidentifikasi, maupun korban bencana alam. Hal ini biasanya memakan waktu yang cukup lama untuk proses identifikasi.

Pihak rumah sakit bekerja sama dengan kepolisian untuk proses pengurusan jenazah. Apabila memang tidak ada pihak keluarga yang mengakui, maka akan dilakukan langkah selanjutnya, yaitu pemakaman seperti pada umumnya.

Siapa yang Bertanggung Jawab?

Pemerintah Kabupaten/Kota dan Departemen Sosial (Depsos) adalah pihak yang bertanggung jawab untuk mengakomodir jenazah tanpa keluarga atau identitas. Pemerintah akan bekerja sama dengan pihak rumah sakit dan kepolisian setempat juga.

Selain itu, proses pengurusan jenazah melewati prosedur untuk memastikan bahwa benar-benar tidak ada pihak keluarga yang mengurus atau mengenali jenazah tersebut. Apabila terdapat wilayah lain yang meminta proses visum terlebih dahulu, maka sepenuhnya proses pemakaman akan diserahkan kepada pihak yang bersangkutan.

Perawatan jenazah tidak dikenal sama halnya dengan proses pemakaman pada umumnya. Biasanya menggunakan proses pemakaman secara islam. Perlakuan yang sama ini termasuk pembuatan liang kuburan 1x2 meter dan diberi nisan penanda. Pihak TPU juga ikut andil dalam proses pemakaman hingga selesai.

Jadi, meskipun jenazah tidak mempunyai keluarga, pihak yang berwenang akan tetap memperlakukan jenazah sebagaimana selayaknya. Apabila ada isu bahwa ada penjualan organ jenazah atau pembuangan jenazah, maka bisa Anda pastikan itu tidak benar.

Cara Mengurus Jenazah Tanpa Keluarga

Prosedur pengurusan jenazah tanpa identitas di rumah sakit pertama kali dilakukan di gedung Instalasi Forensik (IFK). Jenazah tersimpan di dalam lemari pendingin besar yang bisa mengawetkan jenazah. Apabila setelah empat belas hari tidak diketahui identitas yang jelas, maka jenazah akan diserahkan ke Departemen Sosial (Depsos).

Apabila jenazah termasuk dalam kategori khusus, maka jenazah tanpa identitas tidak langsung diserahkan kepada Depsos dan dikubur atas nama negara. Salah satu penyebab jenazah masuk kategori khusus adalah kematian yang berkaitan dengan keamanan negara. Misalnya pelaku terorisme, maka akan tersimpan di gedung IFK.

Jasa Proteksi Pemakaman

Anda sedang mencari jasa pelayanan pemakaman on demand? Jasa Kamboja adalah solusi yang tepat. Kamboja merupakan penyedia jasa pemakaman yang menawarkan berbagai paket proteksi pemakaman. Anda bisa mengurus proses pemakaman dengan cepat dan terorganisir bahkan saat dini hari.

Kamboja sebagai event organizer pemakaman menawarkan harga yang cukup beragam untuk biaya pemakaman. Ada beberapa pilihan paket antara lain paket pemakaman muslim, kristiani, dan paket kremasi. On demand service Kamboja meliputi pengurusan jenazah, batu nisan dan peti jenazah, transport jenazah, dan TPU.

Jasa pemakaman dari Kamboja juga melayani pengurusan akte kematian, karangan bunga, catering, serta tenda dan kursi.

Anda belum pernah terdaftar sebagai member Kamboja? Tenang saja! Layanan on demand service dari Kamboja melayani semua pengurusan pemakaman termasuk non-member. Anda bisa mengurus segala sesuatu dengan berkonsultasi langsung bersama Funeral Manager melalui Hotline 082211111415.

Sudah Paham Cara Pengurusan Jenazah Tanpa Keluarga?

Demikian informasi seputar bagaimana pengurusan jenazah tanpa keluarga yang benar. Apabila Anda kehilangan keluarga atau mendengar kabar keluarga mengalami kecelakaan, maka segeralah ke rumah sakit. Jangan sampai jenazah tersebut tidak mendapatkan perawatan yang layak untuk proses pemakaman.

Artikel Lainnya

Kenali Lebih Jauh tentang Pemakaian Formalin Mayat, Apakah Boleh

permalink

Mengenal Proses Pembalseman Mayat, Begini 5 Caranya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 4.9/5.0