Saat ini, belum banyak masyarakat yang menyadari pentingnya memiliki produk asuransi. Padahal, asuransi adalah salah satu bentuk proteksi finansial untuk diri sendiri dan keluarga. Bagi Anda yang masih asing dengan asuransi, maka perlu mengetahui jenis asuransi penting untuk keluarga.

Mengetahui jenis produk asuransi akan memudahkan Anda untuk memilih produk perlindungan finansial yang cocok dengan kebutuhan Anda. Dengan begitu, Anda bisa semakin yakin untuk menggunakan layanan asuransi untuk perlindungan jangka panjang.

Jenis Asuransi yang Paling Populer

Pada dasarnya, jenis produk asuransi sangat banyak di masa kini, hal ini tentunya semakin memudahkan pengguna untuk menyisihkan dana darurat untuk berbagai kepentingan, entah untuk kesehatan, pendidikan anak, kematian, dan lain sebagainya.

Adapun jenis asuransi yang umumnya banyak digunakan yaitu di bawah ini:

1. Asuransi Jiwa

Asuransi jiwa adalah salah satu pilihan asuransi yang dapat memberikan benefit finansial ketika sakit tiba-tiba, menderita cacat permanen, atau bahkan kematian. Sebelum membeli Asuransi jiwa, Anda perlu memahami terlebih dahulu sistem dan program yang ditawarkan.

Beberapa perusahaan asuransi memberlakukan sistem pembayaran usai meninggal dunia. Namun, beberapa perusahaan yang lain memperbolehkan pemegang polis untuk mengambil manfaat dana sebelum kematiannya.

2. Asuransi Kesehatan

Asuransi kesehatan adalah jenis produk polis asuransi yang cukup populer di kalangan masyarakat. Asuransi kesehatan memproteks berbagai masalah kesehatan dan memberi jaminan finansial dengan cara menanggung biaya.

Mulai dari proses berobat, perawatan di rumah sakit, hingga pihak yang tertanggung bisa sembuh. Umumnya, jenis proteksi yang ditanggung oleh perusahaan asuransi meliputi cacat, sakit, bahkan kematian.

Dalam memilih jenis polis, sebaiknya sesuaikanlah dengan kondisi finansial. Setiap orang tentu memiliki kemampuan finansial yang berbeda-beda, sehingga Anda tidak harus ikut-ikutan dengan orang lain.

Contohnya, Anda membeli produk asuransi kesehatan, maka Anda bisa memilih opsi rawat inap, rawat jalan, atau keduanya. Sekali lagi, sesuai dengan sirkulasi keuangan agar asuransi kesehatan ini tidak memberatkan Anda.

3. Asuransi Pendidikan

Ragam asuransi yang berikutnya yakni asuransi pendidikan. Asuransi ini memiliki fungsi mempersiapkan dana pendidikan sedini mungkin agar masa depan anak bisa lebih terjamin. Jenis asuransi pendidikan merupakan opsi yang banyak dipilih karena memberikan manfaat proteksi bagi generasi kita.

Beberapa perusahaan asuransi menyediakan dua jenis produk asuransi pendidikan, yakni asuransi unit link dan asuransi dwiguna.

Asuransi dwiguna adalah produk campuran antara proteksi jiwa dengan deposito. Asuransi ini dapat melindungi biaya studi anak jika orang tua meninggal secara tiba-tiba atau cacat total sampai tidak mampu mencari nafkah lagi.

Sedangkan asuransi unit link adalah perpaduan antara asuransi jiwa dengan investasi. Benefit yang bisa diperoleh jika memilih asuransi ini yaitu komponen investasi akan dibagi sesuai jenjang pendidikan anak.

4. Asuransi Investasi

Ragam asuransi yang berikutnya adalah asuransi investasi. Jadi, asuransi ini memungkinkan Anda untuk memperoleh layanan asuransi sekaligus investasi. Produk asuransi ini dapat memberikan benefit berupa perlindungan dan dana tunai yang bersumber dari pengembangan investasi sesuai dengan opsi investasi yang dipilih.

Jadi, dari semua premi yang dibayar oleh pemegang polis, sebagian dana dialokasikan untuk biaya perlindungan, sementara sebagian dana yang lain dialokasikan untuk investasi.

Secara keseluruhan, asuransi investasi memberikan perlindungan berupa proteksi jiwa, kecelakaan, kesehatan, sampai penyakit kritis.

Adapun nilai dana yang tercantum dalam asuransi ini bisa digunakan suatu saat untuk membayar premi asuransi saat pemegang polis telah pensiun maupun tidak berpenghasilan.

Dengan begitu, maka polis asuransi masih tetap aktif. Selain itu, nilai tunai asuransi investasi juga dapat dimanfaatkan untuk tujuan finansial lainnya.

5. Asuransi Kendaraan

Perlu diketahui bahwa yang membutuhkan perlindungan bukan hanya manusia saja, melainkan juga kendaraan. Alat transportasi perlu diproteksi agar dapat meringankan finansial Anda jika suatu saat terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya kehilangan atau kerusakan.

Manfaat membeli asuransi kendaraan yakni Anda dapat memberikan jaminan perlindungan untuk kendaraan Anda. Selain itu, hal ini juga akan berdampak pada kondisi psikologis Anda yang bisa lebih tenang dan nyaman.

Hal ini karena ada pihak yang memberikan jaminan jika terjadi sesuatu yang tidak diinginkan pada kendaraan Anda. Benefit lain yang bisa Anda rasakan saat memiliki asuransi kendaraan yakni dapat membuat posisi harga jual kendaraan menjadi lebih bersaing.

Manfaat Asuransi untuk Keluarga

Manfaat yang bisa Anda rasakan saat memiliki asuransi sangat banyak. Beberapa manfaat tersebut telah kami rangkum, di antaranya berikut ini:

  • Memberi rasa aman karena dengan membeli asuransi, maka tertanggung dapat selamat dari munculnya risiko finansial akibat objek yang diproteksi telah dijamin oleh pihak asuransi.
  • Pembagian dana dan manfaat bisa lebih adil, yang mana semakin tinggi risiko kerugian timbul, maka semakin besar premi pertanggungan yang bisa didapatkan.
  • Memberikan kepastian proteksi karena perusahaan asuransi akan berusaha mengurangi dampak yang kurang pasti dari sebuah kondisi yang merugikan. Hal ini tentu tidak bisa diperkirakan sebelumnya, sehingga dana atau pertanggungan finansial dari kerugian tersebut bisa lebih pasti dan konkret.
  • Sebagai sarana menabung. Pada beberapa ragam asuransi, uang yang diasuransikan mempunyai nilai tunai yang bisa diambil. Selain itu, terdapat produk asuransi yang memang sengaja dicampur dengan investasi seperti unit link.
  • Sebagai instrumen pengalihan serta penyebaran risiko, karena melalui asuransi, ada kemungkinan timbul suatu risiko kerugian yang bisa dialihkan dan ditanggung oleh pihak penanggung.
  • Membantu memaksimalkan kegiatan usaha atau bisnis tertanggung. Jika tertanggung hendak berinvestasi pada suatu bidang jasa atau usaha, maka dapat lebih tenang karena sebagian risiko investasi dapat ditutup oleh perusahaan asuransi, sehingga risiko bisa lebih diminimalisir.
  • Menjadikan hidup lebih damai dan tenang, karena segala risiko yang diasuransikan telah ada yang mengamankan, sehingga hidup terasa lebih tenang.
  • Jaminan kredit, yang manapolis asuransi dapat dijadikan (insurance server as a basis of). Biasanya hanya untuk asuransi jiwa dan cukup selektif pada jenis kredit atau bank tertentu.

Hal yang Perlu Perlu Diperhatikan dalam Memilih Asuransi

Satu lagi tips yang sebaiknya tidak Anda lewatkan dalam memilih asuransi. Perhatikan poin-poin ini saat memilih asuransi yang tepat:

1. Ketahui Kebutuhan Diri

Langkah pertama, ketahuilah apa yang benar-benar Anda butuhkan. Lakukan analisis secara spesifik terkait model-model asuransi dan cocokkan dengan kebutuhan Anda.

2. Sesuaikan Anggaran

Langkah berikutnya yakni sesuaikan budget dengan premi asuransi. Pastikan agar premi tidak memberatkan finansial Anda, sehingga pembayaran bisa terus dilanjutkan dengan tepat waktu.

3. Cek Kredibilitas Perusahaan Asuransi

Jangan sungkan untuk mengecek kredibilitas dari perusahaan asuransi yang Anda pilih. Telisik layanan asuransi, kualitas kinerja, dan sistem klaimnya. Hal yang terpenting adalah perusahaan asuransi tersebut sudah terdaftar secara resmi di Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Dari penjelasan di atas, tentu Anda sudah memahami jenis asuransi beserta karakteristiknya. Pilihlah asuransi yang benar-benar dapat mengcover kebutuhan darurat Anda dengan jujur dan baik.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman