Rasanya tidak lengkap jika makam tak memiliki batu nisan. Saat ini setiap makam baru sudah pasti memiliki batu nisan agar lebih mudah dikenali. Berbeda dengan jaman dahulu ketika orang-orang belum mengenal batu nisan. Cara untuk menandai makam supaya tidak hilang atau rata dengan tanah biasanya hanya diberi tanda batu hitam atau disebut kijing.

kisaran harga batu nisan di jakarta selatan

Adanya batu nisan sebagai identitas makam di Indonesia tentu tidak terlepas dari pengaruh budaya Eropa ke Nusantara. Ejaan nisan bermula dari kata insan yang berarti manusia, kemudian letak hurufnya berubah menjadi nisan. Fungsi batu nisan sendiri bukan sekadar penanda saja, adanya batu nisan tak terlepas dari bentuk rasa hormat seseorang kepada mereka yang telah tiada. Batu nisan diketahui memiliki bentuk dan harga yang beragam, hal ini ditentukan dari besar dan jenis bahan yang digunakan.

Kira-kira berapa kisaran harga batu nisan di wilayah Jakarta Selatan? Berikut jenis-jenis batu nisan beserta kisaran harga yang ditawarkan di daerah Jakarta Selatan yang sudah Kamboja rangkum.

 

Kisaran Harga Batu Nisan di Jakarta Selatan

1. Batu Nisan Tancap

Batu nisan tancap merupakan batu nisan yang bentuknya hampir sama seperti papan kayu penanda makam pertama kali. Bedanya, nisan ini memiliki bahan yang beragam seperti cor beton, marmer, granit, atau keramik.

Proses pengerjaannya juga memiliki waktu beragam. Pembuatan batu nisan tancap sendiri bisa selesai dalam waktu kurang lebih 5 hari. Harga yang ditawarkan beragam, di daerah Menteng Pulo, kisaran harga batu nisan di Jakarta mulai dari Rp 300 ribu hingga Rp 1 juta rupiah tergantung dengan penggunaan bahan pembuatan.

 

Kisaran Harga Batu Nisan di Jakarta Selatan

2. Batu Nisan Buku

Batu nisan buku merupakan batu nisan yang bentuknya seperti buku terbuka. Biasanya nisan ini digunakan untuk dua orang karena pada bagian kanan dan kirinya bisa ditulis nama berbeda.

Pemilihan jenis bahan untuk nisan ini diutamakan yang tahan lama dan awet, seperti marmer, granit, dan keramik. Pemilihan bahan ini juga menjadi penilaian saat nisan telah selesai dibuat. Proses pengerjaannya memiliki waktu lebih lama, yaitu kurang lebih sekitar dua minggu. Harga yang ditawarkan tiap bahan cukup beragam, di daerah Pejaten Barat, kisaran harga batu nisan di Jakarta mulai dari Rp 600 ribu sampai Rp 1.5 juta rupiah. Selain ditentukan dari bahan yang dipilih, ukuran nisan juga menjadi pertimbangan harga yang diberikan.

 

Kisaran Harga Batu Nisan di Jakarta Selatan

3. Batu Nisan Kotak

Batu nisan kotak merupakan batu nisan yang paling sering digunakan di Tempat Pemakaman Umum (TPU). Biasanya penggunaan batu nisan ini bertujuan agar makam terlihat lebih tertata dan seragam. Nisan ini juga memiliki bahan yang bermacam-macam seperti cor beton, marmer, granit, atau keramik. Proses pengerjaannya sendiri bisa memakan waktu kurang lebih 3 minggu hingga satu bulan. Harga yang ditawarkan juga beragam, di daerah Kemang, kisaran harga batu nisan di Jakarta Selatan mulai dari Rp 1 juta hingga Rp 2 juta rupiah tergantung dengan ukuran nisan dan penggunaan bahan.

Itu dia jenis-jenis batu nisan yang sering digunakan di pemakaman umum. Saat ini di beberapa wilayah penggunaan batu nisan di TPU sudah diatur oleh pemerintah daerah. Hal tersebut tidak terlepas dari fungsi penataan makam agar terlihat lebih rapi dan teratur. Sebelum membeli batu nisan untuk merapikan makam, sebaiknya pastikan terlebih dahulu penataan makam di TPU yang bersangkutan supaya tidak salah saat membeli batu nisan.

Artikel Lainnya

Hukum Mengurus Jenazah Muslimah, Syarat, Proses, Hingga Doa yang Perlu Dibaca!

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman