Merawat hewan peliharaan sudah menjadi hobi bagi sebagian orang. Sama seperti manusia, hewan peliharaan juga memiliki masa hidup, walaupun memang masa hidup hewan seperti kucing dan anjing lebih singkat daripada manusia. Namun, pernahkah Anda berpikir mengenai keberadaan kuburan hewan peliharaan?

Hewan peliharaan merupakan makhluk hidup yang sudah selayaknya mendapatkan tempat peristirahatan terakhir. Salah satu kuburan hewan yang ada di Indonesia adalah Taman Makam Satwa Pondok Pengayom Satwa Ragunan. Ketahui informasi selengkapnya di artikel ini!

Mengenal Kuburan Hewan Peliharaan Pondok Pengayom Satwa Ragunan

Saat ini, memang belum banyak kuburan khusus untuk menguburkan hewan peliharaan. Taman Makam Satwa Pondok Pengayom Satwa Ragunan merupakan salah satu kuburan hewan peliharaan yang ada di Indonesia. Lokasi tepatnya yaitu di Jalan Harsono RM Ragunan, Jakarta Selatan.

Pada area tersebut, Anda bisa menemukan ratusan nisan mungil yang tertata rapi dengan pesan terukir di permukaannya. Nisan tersebut bertuliskan nama hewan, tanggal lahir, tanggal kedukaan, dan juga foto hewan.

Berbeda dengan nisan pada makam manusia, tulisan yang ada di nisan makam hewan akan lebih beragam. Anda bisa menemukan tulisan seperti “Rest in peace kesayangan”, “Our beloved Shiro & Poky”, dan kalimat ungkapan rasa sayang pemilik pada hewan peliharaannya.

Sebenarnya, kuburan hewan peliharaan Pondok Pengayom Satwa Ragunan hanya menguburkan hewan yang mati di shelter atau tempat penampungan. Shelter hewan tersebut didirikan oleh Soeprapti yang merupakan istri mantan Gubernur DKI Jakarta bernama Soeprapto.

Beliau mendirikan shelter Pondok Pengayom Satwa pada tahun 1987. Menurut beliau, hewan peliharaan juga termasuk makhluk hidup yang punya hak dan kewajiban, jadi sudah sewajarnya jika mereka mendapat perlakuan selayaknya makhluk hidup yang berharga.

Namun pada tahun 1990-an, pengelola akhirnya membuka Pondok Pengayom Satwa untuk umum. Sehingga, siapa saja boleh menguburkan hewan peliharaannya secara layak di sana. Namun, tetap ada syarat, prosedur, dan biaya yang harus pemilik hewan peliharaan penuhi.

Hingga sekarang, setidaknya ada 700 makam hewan yang bisa Anda temukan di taman makam ini. Jenis hewan yang dimakamkan di sana pun bermacam-macam, mulai dari kucing, hamster, anjing, kelinci, monyet, dan lain-lain. Pemakaman yang layak merupakan bukti cinta terakhir pemilik kepada hewan peliharaannya.

Syarat dan Prosedur Menguburkan Hewan di Kuburan Hewan Peliharaan

Anda pasti sangat penasaran bagaimana tata cara menguburkan hewan peliharaan di Pondok Pengayom Satwa Ragunan. Berdasarkan penuturan staf administrasi, tata cara untuk menguburkan hewan peliharaan adalah sebagai berikut:

1. Datang ke Pondok Pengayom Satwa Ragunan

Pertama-tama, Anda bisa langsung datang ke Pondok Pengayom Satwa Ragunan dengan membawa jasad hewan peliharaan yang ingin Anda makamkan. Tidak ada syarat khusus untuk jenis hewannya. Anda bisa menguburkan semua jenis hewan di kuburan hewan peliharaan satu ini.

2. Isi Formulir Pemakaman

Sebelum memulai proses pemakaman, Anda sebagai pemilik hewan peliharaan harus mengurus administrasi dan mengisi formulir pemakaman. Prosedur tersebut bisa Anda urus melalui loket administrasi.

3. Penimbangan Bobot Hewan

Setelah itu, hewan peliharaan yang akan Anda kuburkan perlu ditimbang terlebih dahulu. Staf perlu mengetahui berat badan hewan untuk menentukan biaya pemakaman dan dimensi ukuran kuburannya. Semakin berat badan hewan, maka biaya pemakamannya akan semakin besar.

4. Ukuran Makam

Ukuran makam yang tersedia rata-rata yaitu 0,5 x 1 meter. Sementara batu nisan yang paling besar yaitu 30 x 40 cm. Jadi, meskipun sudah banyak makam di kuburan hewan peliharaan ini, namun di sana tetap bisa menampung banyak hewan lain.

5. Biaya Pemakaman

Biaya pemakaman tergantung dari jenis dan berat badan hewan yang akan Anda makamkan. Jika tidak melakukan perpanjangan atau membayar biaya tahunan, maka makam hewan peliharaan yang sudah lama biasanya akan ditumpuk dengan makam baru.

6. Waktu Penguburan Hewan Peliharaan

Anda tidak bisa datang sewaktu-waktu ke kuburan hewan peliharaan untuk menguburkan hewan Anda. Pasalnya, kuburan satu ini memiliki jadwal operasionalnya tersendiri.

Pondok Pengayom Satwa Ragunan menerima jasad hewan peliharaan pada pukul 09.00 sampai dengan 15.00 WIB. Jika lebih dari jam 15.00 WIB, maka jasad hewan akan disimpan di lemari pendingin terlebih dahulu. Baru keesokan harinya akan dilakukan proses pemakaman.

Tata Cara Menguburkan Hewan di Kuburan Hewan Peliharaan

Tidak sembarangan, ada tata cara menguburkan hewan peliharaan di Pondok Pengayom Satwa Ragunan. Sebenarnya, kuburan hewan peliharaan satu ini menyediakan pemakaman dengan cara menguburkan hewan dan kremasi. Berikut ini penjelasannya:

A. Menguburkan Hewan

Proses pemakaman hewan peliharaan akan dilakukan oleh petugas yang memang sudah terbiasa menguburkan hewan peliharaan. Pemilik hewan biasanya akan membawa jasad hewan peliharaannya dalam bungkusan kain putih.

Sebelum dimakamkan, hewan peliharaan tersebut juga akan didoakan terlebih dahulu. Doanya mengikuti agama pemilik karena yang menguburkan hewan cukup beragam.

Sebelum proses penguburan, petugas kuburan hewan peliharaan akan bertanya pada pemilik hewan apakah sudah rela melepaskan hewan kesayangan. Jika jawabannya siap, maka jasad hewan pun akan langsung dikuburkan.

Petugas pemakaman paham bahwa kehilangan hewan peliharaan sama seperti kehilangan manusia. Jadi, tangisan dan rasa ketulusan begitu terasa. Banyak pemilik hewan yang melakukan ziarah ke makam setiap waktu tertentu.

B. Kremasi Hewan

Selain menguburkan hewan peliharaan, Pondok Pengayom Satwa Ragunan juga melayani kremasi hewan kesayangan. Biasanya, biayanya lebih rendah daripada menguburkan hewan karena abunya nanti akan Anda bawa pulang.

Krematorium berlokasi di belakang Pondok Pengayom Satwa Ragunan. Umumnya, proses kremasi berlangsung kurang lebih 1 jam saja. Setelah abu dimasukkan ke wadah, pemilik hewan bisa membawanya pulang.

Syarat dan prosedur untuk kremasi juga sama seperti menguburkan hewan peliharaan. Anda harus mengurus administrasi terlebih dahulu di loket yang tersedia. Nantinya, staf akan membantu proses kremasi hingga abu siap dibawa pulang.

Sudah Mengenal Kuburan Hewan Peliharaan di Jakarta?

Pada intinya, Pondok Pengayom Satwa Ragunan merupakan salah satu kuburan hewan peliharaan terbaik yang ada di Indonesia. Menguburkan hewan peliharaan kesayangan di tempat terbaik bisa sedikit mengatasi kesedihan.

Kehilangan hewan kesayangan sama seperti kehilangan keluarga yang selalu menemani saat suka dan duka. Jadi, kesedihannya terasa sangat mendalam. Jika sahabat atau orang terdekat sedang kehilangan, Anda juga bisa memberikan ucapan turut berduka cita.

Kamboja merupakan jasa karangan bunga duka cita yang bisa Anda pilih. Banyak pilihan karangan bunga yang tersedia mulai dari bunga standing mawar putih, bunga papan, dan lain sebagainya. Anda bisa mengunjungi kontak Kamboja untuk mendapatkan informasi lebih lengkap mengenai jasa karangan bunga Kamboja.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Berapa Biaya Pengurusan Kematian Dengan Jasa Kamboja?

permalink

Berapakah Paket Kedukaan Grand Heaven?

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0