Masyarakat muslim Indonesia sudah seringkali melakukan kegiatan ziarah ke makam-makam leluhur yang dikeramatkan. Makam keramat ini biasanya adalah makam orang-orang alim, ulama, atau tokoh besar yang dipercaya membawa berkah jika seseorang menziarahinya.

Di Indonesia sendiri ada banyak sekali makam-makam para ulama yang tersebar. Banyak sekali orang yang berkunjung untuk ziarah, termasuk para pejabat-pejabat pada musim pemilu seperti ini. Apa saja dan dimana saja letak makam keramat ini? Simak artikel ini sampai tuntas!

10 Makam Keramat di Indonesia yang Jadi Tempat Ziarah

Kali ini ada 10 makam keramat yang ramai pengunjung, terlebih pada musim-musim ziarah dan hari-hari besar. Makam-makam tersebut antara lain:

1. Makam Sunan Ampel Surabaya

Anda pernah mendengar nama Sunan Ampel? Beliau adalah salah satu walisongo yang menyebarkan agama Islam di tanah Jawa, khususnya Surabaya. Sunan Ampel ini dulunya pernah membangun pesantren atau tempat belajar agama di kawasan Ampel Denta, Surabaya.

Nama Sunan Ampel pun sudah sangat besar, karena beliau termasuk waliyullah yang tersohor di Indonesia. Makamnya juga sangat ramai dikunjungi oleh warga lokal maupun luar pulau Jawa, karena memang kawasan pemakaman Ampel ini sebagai tempat peristirahatan orang-orang alim selain Sunan Ampel sendiri.

Jika Anda tertarik berkunjung dan berziarah ke makam Sunan Ampel, lokasinya ada di Jalan Ampel Blumbang No 2 A, Ampel, Kecamatan Semampir, Surabaya, Jawa Timur.

2. Makam Al-Habib Husein

Anda yang berdomisili di Jakarta dan sekitarnya bisa berziarah ke makam ulama, yakni makam Al-Habib Husein, Jakarta Utara. Saat masa-masa pemilu, banyak sekali para pejabat yang berziarah ke makam Al-Habib Husein, dengan tujuan untuk meminta doa dan barakah dari pada alim ulama.

Tercatat Al-Habib Husein adalah tokoh besar yang dulunya pernah menentang Belanda di daerah Sunda Kelapa. Di sini juga ada makam asisten Al-Habib Husein keturunan Tionghoa yang bernama Habib Abdul Kadir.

Para pejabat yang pernah berkunjung ke sini adalah mantan presiden Susilo Bambang Yudhoyono. Jika Anda ingin datang ziarah ke sini, lokasinya ada di Jalan Luar Batang, Penjaringan, Kecamatan Penjaringan, Jakarta Utara.

3. Makam Empang Bogor

Ada juga makam keramat di kawasan pemakaman Bogor, yakni Makam Empang Bogor. Daerah ini adalah tempat peristirahatan para habaib, salah satunya Habib Abdullah bin Mukhsin Al-Athas, anak-anaknya, dan murid kesayangan beliau, yakni Habib Alwi bin Muhammad bin Thohir.

Tidak hanya itu, jika Anda berkunjung ke sini akan mendapati makam ulama besar yang dulunya jadi pemimpin Ponpes Al-Busro, Depok, yakni Habib Abdurrahman bin Ahmad Assegaf. Tokoh-tokoh besar tersebut adalah tokoh berpengaruh dan sekarang makamnya jadi tempat ziarah tersohor.

Lokasinya ada di Komplek Masjid Annur, Jalan Lolongok, Empang, Kecamatan Bogor Selatan, Bogor, Jawa Barat.

4. Makam Mama Eyang Rende

Warga Bandung pernah mendengar tokoh besar penyebar agama Islam bernama Mama Eyang Rende? Mama Eyang Rende dulunya adalah tokoh besar yang seringkali dipandang sebelah mata karena sering menggunakan pakaian compang-camping.

Anda bisa ikut berziarah ke jasa pemakaman profesional di Bandung ini yang lokasinya berada di Desa Rende, Kec. Cikalong Wetan, Bandung, Jawa Barat.

5. Makam Mbah Jepra

Selain makam Empang tadi, Bogor juga punya makam keramat lain, yakni makam Mbah Jepra. Perlu diketahui Mbah Jepra dulunya adalah panglima perang dari Sri Baduga Prabu Siliwangi, Kerajaan Padjajaran. Konon, Mbah Jepra adalah penjaga Kota Bogor sekaligus yang membuat Desa Paledang.

Nah, karena sosok Mbah Jepra yang dihormati masyarakat Bogor inilah banyak dari mereka mengunjungi makamnya untuk ziarah. Jika Anda datang ke sana, ada sumber mata air yang sering dijadikan tempat ritual setiap Kamis malam dan Jum’at malam, namanya Cah Kahuripan.

Penasaran dengan pemakaman ini? Kunjungi Komplek Kebun Raya Bogor, tepat di belakang pagar Istana Bogor.

6. Makam Bung Karno

Hampir semua masyarakat Indonesia pasti mengenal siapa sosok Bung Karno. Ya, Bung Karno adalah presiden pertama Republik Indonesia yang makamnya ada di Blitar, Jawa Timur.

Tokoh besar kelahiran Surabaya ini makamnya tak pernah sepi. Banyak peziarah datang dari berbagai daerah, warga setempat, hingga para pejabat pada musim pemilu seperti ini.

Ada beberapa tokoh yang pernah berziarah ke makam Bung Karno, seperti gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo, Suharso Monoarfa, dan Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo.

Lokasinya ada di Jalan Ir. Soekarno No.152, Bendogerit, Kecamatan Sananwetan, Blitar, Jawa Timur.

7. Makam Nyi Mas Mayang Sari

Bekasi juga punya makam keramat, yakni Makam Nyi Mas Mayang Sari. Nyi Mas Mayang Sari ini adalah putri Kerajaan Sumedanglarang, yang kemudian makamnya banyak diziarahi warga setempat dan warga luar daerah.

Banyak peziarah yang sampai bermalam di musala kecil dekat makam Nyi Mas Mayang Sari. Lokasi jasa pemakaman di Bekasi ada ini Desa Bojongsari, Jatisari, Kota Bekasi, Jawa Barat.

8. Makam Sunan Giri, Gresik

Tidak hanya Sunan Ampel walisongo saja yang makamnya ramai pengunjung. Ada juga makam Sunan Giri di Gresik Jawa Timur yang makamnya tak pernah sepi peziarah. Banyak peziarah yang datang untuk ngalap berkah ke Makam Sunan Giri, terlebih saat masa-masa pemilu seperti ini.

Tercatat sudah banyak para pejabat besar tanah air yang berziarah ke makam wali tertua ini, misalnya Hatta Rajasa, Sakti Wahyu Trenggono, hingga Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Anda bisa juga berziarah ke makam ini, lokasinya Desa Gapura Gresik Jawa Timur.

9. Makam Syekh Raden Basorun dan Syekh Raden Jamin

Ada seorang wali dari Kerajaan Demak yang namanya harum di daerah Depok, yakni Syekh Raden Basorun. Dekat makam beliau ada juga seorang wali yang masih keturunan dengan Mbah Dalem Bogor, namanya Syekh Raden Jamin.

Kedua ulama tersebut terkenal sebagai sosok penyebar agama Islam yang makamnya selalu ramai oleh peziarah.

Dilansir dari merahputih.com, menurut juru kuncinya kedua makam tersebut selalu ramai terlebih pada malam Jum’at. Tidak hanya warga setempat yang sering ziarah, namun warga dari luar daerah bahkan luar Jawa sering mengunjungi makam ini untuk mengambil berkah dari kedua ulama ini.

Pemakaman Depok ini letaknya di Jalan KH. Abdurahman, RT.07/01, Pd. Jaya, Kecamatan Cipayung, Depok, Jawa Barat.

10. Makam Ki Ageng Sala

Tidak hanya Jawa Barat dan Jawa Timur, Jawa Tengah sendiri juga punya makam keramat bernama Makam Ki Ageng Sala, Solo, Jawa Tengah. Biasanya tempat ini ramai pengunjung saat tanggal 16 Juni bertepatan dengan hari jadi Kota Solo.

Konon katanya, beliau adalah pendiri Kota Solo sekaligus penyebar agama Islam di Solo. Oleh karena itulah banyak warga yang menziarahi makamnya, tak ketinggalan pula para pejabat negeri yang ikut berkunjung ke makam ini.

Lokasi makamnya ada di Jalan Mloyokusuman, Baluwarti, Kecamatan Ps Kliwon, Surakarta, Solo.

Sudah Tahu Mana Saja Makam Keramat Ini?

Itulah beberapa nama makam keramat dan lokasinya yang sering ramai dikunjungi oleh warga bahkan pejabat negeri. Anda bisa ikut berziarah ke makam-makam tersebut dengan melihat alamat yang sudah tertera dalam artikel ini.

Kamboja senantiasa disisi anda dalam menyediakan layanan asuransi pemakaman dan jasa pemakaman profesional bagi anda dan keluarga anda saat hari itu tiba.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Pengiriman Jenazah Jakarta dan Sekitarnya

permalink

Apa Saja Peran dan Tugas Unit Penyelenggaraan Jenazah

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0