Pemakaman menjadi tempat terakhir orang-orang yang sudah meninggal untuk dikebumikan. Oleh karena itu, suasana di sekitarnya identik dengan kesunyian, sepi, seram, bahkan menakutkan. Alih-alih demikian, ternyata ada beberapa pemakaman mewah di Indonesia yang memiliki lingkungan asri serta fasilitas yang lengkap.

Namun tidak semua orang bisa membeli lahannya karena harganya yang sangat fantastis. Bahkan ada yang sampai miliaran rupiah untuk bisa mendapatkan salah satu lahan yang ada di pemakaman tersebut. Tentu saja aturan ini cukup menyulitkan kalangan menengah ke bawah dan hanya bisa dijangkau oleh orang kaya.

7 Pemakaman Mewah yang Memiliki Fasilitas Lengkap dan Elit

Berbicara tentang pemakaman mewah, mungkin Anda memiliki keinginan besar untuk membeli salah satu lahannya. Namun karena pilihannya tak hanya satu maka keputusan harus Anda ambil secara tepat. Bukan tentang biaya saja yang harus Anda pikirkan, melainkan juga terkait jarak tempuh, fasilitas, pajak, dan lain sebagainya.

Di antara sekian banyak pemakaman di Jakarta dan kota-kota lainnya, memang ada yang terkenal dengan kemewahannya. Meski mahal, namun tak menyurutkan keinginan masyarakat untuk turut serta membelinya. Adapun berikut adalah 7 pemakaman mewah yang memiliki fasilitas lengkap dan elit, yakni:

1. Taman Kenangan Lestari

Lestari Memorial Park atau Taman Kenangan Lestari merupakan salah satu kuburan elit yang ada di Indonesia. Lokasinya berada di Jalan Kuta Tandingan, Margakaya, Karawang Barat, Kabupaten Karawang. 

Bagi masyarakat di sekitarnya mungkin sudah tidak asing lagi dengan pemandangannya. Hijaunya rerumputan dengan berbagai fasilitas yang lengkap menjadi salah satu ciri khas dari Kenangan Lestari. 

Pemakanan ini menawarkan beberapa tipe. Untuk single lot dengan ukuran 2x6 meter dibanderol dengan harga Rp27,8 jutaan. Kemudian, untuk double lot berukuran 4x6 meter seharga Rp55,6 jutaan, dan family lot dengan ukuran 8x12 seharga Rp192,4 jutaan.

Harga yang cukup mahal memang, tapi sebanding dengan perawatannya. Meskipun makamnya sudah lama, namun para petugas akan tetap merawatnya seperti makam-makam yang baru. 

Oleh karena itu, tidak ada kesan menyeramkan sama sekali di Taman Kenangan Lestari. Jika Anda berminat, bisa segera membeli salah satu lahannya.

2. San Diego Hills

Siapa yang tak tahu San Diego Hills, salah satu pemakaman Jakarta Pusat yang menjadi tempat peristirahatan terakhir untuk orang-orang kalangan pejabat dan artis. Semua orang hampir mengenal namanya karena sering keluar masuk televisi. Apalagi jika yang meninggal adalah orang penting, pasti tujuannya ke San Diego Hills.

Apa yang membuat pemakaman mewah ini sangat mahal? Selain karena tempatnya yang luas, perawatan untuk makam saja bisa sangat rapi. Tak akan ada yang namanya rumput meninggi dan kotoran di area makam karena para petugas begitu memperhatikan keindahan sekitar.

San Diego Hills menyediakan beberapa pilihan untuk orang-orang yang hendak menguburkan kerabatnya di sana. Harga yang paling murah untuk satu liang lahat saja bisa mencapai Rp40 jutaan. Sedangkan untuk yang paling mahal mengharuskan Anda mengeluarkan uang hingga Rp5 miliar.

Spesialnya, makam seharga miliar rupiah ini memungkinkan pemilik atau keluarganya untuk bisa mendapatkan fasilitas kuburan pribadi, akses privat, taman luas, perawatan makam, dan sekuritas maksimal. Untuk itulah, mereka yang membelinya adalah orang-orang kalangan atas.

3. Taman Memorial Graha Sentosa

Taman Memorial Graha Sentosa menjadi pemakaman mewah yang ketiga. Lahan makam ini memiliki luas hingga 50 hektar dan termasuk proyek giringan dari Artha Graha. 

Graha Sentosa juga memiliki status internasional serta didukung oleh berbagai macam fasilitas terpadu. Seperti pavilion, walkway, danau buatan, hingga pemeliharaan spiritual. 

Bahkan, Anda akan menemukan pelayanan rumah duka yang dapat melayani siapapun selama 24 jam. Menariknya, fasilitas yang tersedia tentu membuat siapa saja merasa penasaran dengan harga lahannya. 

Untuk satu lahan liang kubur di Taman Memorial Graha Sentosa memiliki harga mulai dari Rp40 jutaan. Ingat, harga tersebut masih bisa berubah sesuai dengan kebutuhan jenazah serta ukuran blok kuburannya. Jadi semakin luas lahannya maka semakin mahal pula harganya.

4. Al-Azhar Memorial Garden

Apakah tidak ada pemakaman Jakarta Selatan khusus untuk orang muslim? Jawabannya ada, yakni di Al-Azhar Memorial Garden. Membaca namanya saja Anda tentu bisa menebak bahwa makam ini memang khusus untuk kalangan muslim. Meski demikian, tidak sembarang orang bisa masuk dan membeli lahannya.

Bagaimana tidak, untuk satu kavling makam saja Anda harus merogoh kocek sebesar Rp25 juta. Adapun alasannya karena Al-Azhar Memorial Garden menyediakan 30 ribu unit kavling pemakaman, rest area, taman, dan masjid untuk pengurusan jenazah. Oleh karenanya, tak heran apabila pemakaman mewah ini termasuk kawasan elit.

Kompleks makam muslim Al-Azhar berada di Jalan Raya Peruri, Pinayungan, Kecamatan Telukjambe Timur, Kabupaten Karawang. Tempat ini juga termasuk satu-satunya area makam khusus muslim di Indonesia yang mempunyai luas tanah hingga 25 hektar.

5. Heaven Memorial Park

Heaven Memorial Park menjadi pemakaman mewah  selanjutnya yang akan Anda ketahui. Hanya saja, perbedaannya makam ini khusus untuk kalangan Tionghoa. Jadi bisa dikatakan hanya orang-orang non islam yang bisa dikuburkan di sana. Kompleks ini mempunyai luas hingga 125 hektar. Sangat luas memang untuk ukuran makam.

Sementara itu, Heaven Memorial Park memiliki tiga tipe makam. Adapun tipe tersebut meliputi Single yang harganya Rp27,3 juta, Gold seharga Rp35,9 juta, dan Platinum seharga Rp39,9 juta. Ada harga ada kualitas. Semakin mahal lahannya maka semakin baik pula perawatan dan fasilitasnya.

6. Raudlatul Jannah Memorial Park

Raudlatul Jannah Memorial Park adalah pemakaman mewah khusus orang muslim yang berlokasikan di Kabupaten Karawang. 

Makam ini sangat terkenal karena hanya kalangan orang-orang tertentu yang bisa membeli lahannya. Sama dengan area pemakaman elit lainnya karena Raudlatul Jannah juga memiliki fasilitas yang mewah dan lengkap.

Di sana, Anda akan menemukan restoran, gazebo, masjid bahkan sampai keamanan 24 jam. Ada lima tipe unit makam yang ditawarkan, yaitu Single 1, Single Paket 2, Single Paket 10, Semi Private Tengah, dan Semi Private HUK. 

Sedangkan untuk harga yang ditawarkan mulai dari Rp39,1 juta hingga Rp209,7 juta, tergantung Anda mau memilih yang mana.

7. Gunung Gadung Bogor

Pemakaman mewah yang terakhir adalah Gunung Gadung Bogor khusus untuk ras Tionghoa. Makam ini memiliki area hingga 120 hektare dan dikelola oleh 5 yayasan pemakaman terbesar di Indonesia.

Bagi mereka yang ingin menguburkan kerabatnya tidak perlu lagi mengurus proses penguburan karena sudah ada panitia yang melakukannya. Bahkan perlengkapannya pun juga telah disediakan oleh pihak TPU. Untuk satu liang lahat dibanderol dengan harga Rp50 jutaan.

Tertarik Membeli Lahan di Pemakaman Mewah di Atas?

Setelah mengetahui penjelasan tentang pemakaman mewah di Indonesia, Anda harus mulai mempersiapkan dana jika memang tertarik memiliki salah satu kavling-nya. 

Satu lahan tidak hanya senilai jutaan rupiah saja melainkan puluhan juta. Bahkan ada pula yang sampai miliaran rupiah. Tak heran memang mengingat fasilitas yang tersedia pun juga sangat lengkap dan mewah.

Sebagai pengingat, harga yang tercantum di atas mungkin berubah sewaktu-waktu sesuai dengan kebijakan masing-masing manajemen pemakaman. Untuk mengetahui harga pemakaman terbaru dan terlengkap, silakan hubungi tim Kamboja.

Artikel Lainnya

8 Fakta Menarik Kuburan Tionghoa yang Tidak Diketahui Banyak Orang!

permalink

Rahasia Masa Tua Bahagia yang Wajib Anda Ketahui

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman