Pemakaman memang identik dengan lokasinya yang jauh dari warga dan terkadang terlihat cukup menyeramkan. Tapi lain halnya jika yang akan Anda kunjungi atau bahkan ketika Anda memakamkan sanak keluarga di salah satu dari 7 tempat pemakaman termahal, elit dan juga bertaraf internasional berikut ini.

Sebenarnya apa yang membuat pemakaman tersebut jadi lebih mahal, dibandingkan dengan TPU umumnya. Apabila ada penasaran karenanya, ada baiknya jika membaca ulasan tentang pemakaman termahal di Indonesia ini hingga selesai.

1. Lestari Memorial Park

lestari memorial park

Pemakaman termahal pertama yang akan dibahas adalah Lestari Memorial Park, atau disebut juga dengan Taman Kenangan Lestari. Lokasinya ada di Jl. Kuta Tandingan, Margakaya, Karawang Barat, kabupaten Karawang.

Tidak lain adalah kompleks pemakaman, yang menawarkan berbagai macam tipe makam, mulai dari tipe single lot, yang berukuran 2 x 6 meter, yang dibanderol dengan harga sekitar 27,8 jutaan rupiah. Ada juga tipe Double Lot, dengan ukuran sekitar 4 x 6 meter, dengan harga sekitar 55,6 jutaan rupiah. Sedangkan yang paling mahal adalah tipe family lot, dengan ukuran sekitar 8 x 12 meter, yang dibanderol sekitar 192,4 jutaan rupiah.

2. Raudlatul Jannah Memorial Park

Raudlatul Jannah Memorial Park

Seperti namanya Raudlatul Jannah Memorial Park, dimana pemakaman yang satu ini khusus untuk para umat muslim. Dikembankan khusus oleh PT. Lippo Karawaci Tbk, yang sebelumnya mengelola pemakaman San Diego Hills.

Lokasi dari pemakaman ini sendiri ada di Jl. Kuta Tandingan, Margakaya, Kec Teluk Jambe Barat, kab Karawang. Dimana komplek pemakaman ini juga sudah dilengkapi dengan berbagai fasilitas yang terbilang mewah.

Menawarkan 5 buah kavling, dengan harga yang ditawarkan mulai dari 39 jutaan rupiah, untuk tipe paling kecil, yaitu single.

3. Heaven Memorial Park / Garden

Adapun pemakaman termahal di Indonesia adalah Heaven Memorial Park, dimana area pekuburan ini khusus untuk etnis Tionghoa, dengan konsep pegunungan Guilin. Lokasinya sendiri ada di Bogor, tepatnya di Jl. Buana Jaya,kec Tanjungsari, kab Bogor. Jawa Barat, dengan luas lahan sekitar 125 Ha. Seperti area pekuburan lainnya, di tempat ini, lokasi pemakaman akan dibagi menjadi beberapa kawasan.

Mulai dari tipe single, dengan harga sekitar 27,3 jutaan rupiah. Ada juga tipe Gold, dengan harga sekitar 35,9 jutaan rupiah. Sementara ketika pihak jenazah akan dikuburkan di kawasan Platinum, maka pihak keluarga harus membayar sekitar 35 atau bahkan 40 jutaan rupiah.

4. Graha Sentosa Memorial Park

Graha Sentosa Memorial Park

Ada yang unik dengan Graha Sentosa Memorial Park, dimana pemakaman ini dinobatkan sebagai pemakaman dengan taraf internasional, dan merupakan proyek dari grup Artha Graha.

Mempunyai luas lahan sekitar 50 Ha, area pemakaman yang satu ini sudah didukung dengan fasilitas yang terpadu, mulai dari walkway yang luas dan panjang, adanya pavilion dengan kapasitas sekitar 200 orang, adanya danau buatan, dan juga adanya pemeliharaan spiritual. Tidak hanya itu, di tempat ini juga menyediakan layanan rumah duka selama 24, bagi yang membutuhkan.

Untuk paket harga pemakaman di tempat ini terbilang beragam, mulai dari 40 jutaan rupiah untuk 1 buah liang kuburan, sedangkan untuk paket double atau bahan family, sudah pasti harganya jauh lebih mahal.

5. TPU Gunung Gadung Bogor

TPU Gunung Gadung Bogor

Selain Heaven Memorial Park, TPU Gunung Gadung Bogor juga termasuk salah satu kuburan khusus untuk etnis Tionghoa. Yang menarik adalah lokasinya yang berada di kawasan perbukitan yang asri, dengan luas lahan sekitar 120 Ha, TPU ini dikelola oleh 5 yayasan pemakaman terbesar di Indonesia.

Yang artinya pihak keluarga dapat menyerahkan masalah jasa pemakaman secara langsung pada pihak yayasan. Lantaran semua fasilitas, perlengkapan dan panitia akan disediakan langsung oleh pihak pengelola.

Adapun untuk paket pemakaman yang ditawarkan sendiri pastinya beragam, mulai dari 50 jutaan rupiah untuk ukuran 4 x 4 meter, dan dilengkapi dengan bangunan, dan beberapa tipe lainnya.

6. TPU Al Azhar Memorial Garden

TPU Al Azhar Memorial Garden

TPU Al Azhar Memorial Garden, menjadi pemakaman syariah termahal yang ada di Indonesia. Dimana kuburan yang dikembangkan oleh Yayasan Pesantren Islam / YPI Al-Azhar ini, dibangun di atas lahan seluas 25 Ha, dan dapat menampung lebih dari 25 ribu jenazah Muslim dari seluruh Indonesia. Lokasinya sendiri ada di Jl. Raya Peruri, desa Pinayungan, Teluk Jambe Timur, Karawang.

Sama seperti kuburan lainnya, di tempat ini, jenazah akan dimakamkan di berbagai macam blok. Sudah pasti harga masing-masing blok yang ditawarkan tentunya berbeda. Untuk tipe single misalnya, dibanderol sekitar 40 jutaan rupiah, berikutnya ada tipe double dibanderol sekitar 120 jutaan rupiah. Untuk tipe super couple, akan ditawarkan sekitar 240 jutaan rupiah.

Adapun paket yang paling mahal adalah paket Super family B, yang menjadi blok kuburan keluarga privat, dengan harga mencapai sekitar 830 jutaan rupiah. Tapi jangan khawatir, harga yang sudah dibayar tersebut, pastinya sudah termasuk berbagai macam fasilitas dan layanan menarik, seperti adanya lokasi rest area, masjid untuk mengurus jenazah, mudah untuk menemukan lokasi makam, perawatan makam secara rutin, dan yang lainnya.

7. San Diego Hills

san diego hills

Yang terakhir adalah San Diego Hills, nama pemakaman ini belakangan ramai diperbincangkan oleh publik, lantaran suami dari artis Bunga Citra Lestari, yang bernama Ashraf Sinclair dikebumikan di tempat tersebut. Komplek pemakaman mewah ini sendiri adalah salah satu unit usaha dari PT. Lippo Karawaci Tbk.

Lokasinya sendiri ada di Karawang dan terdiri dari beberapa blok dan jenis pemakaman. Hal tersebut sengaja dibuat sesuai dengan keinginan keluarga yang ditinggalkan. Dimana harga paling murah yang ditawarkan di pemakaman ini mulai dari 40 jutaan rupiah, untuk tipe single burial. Tipe berikutnya adalah tipe semi private, mempunyai tipe yang sama dengan single burial, hanya bedanya, tipe dan area yang dipilih. Harga yang perlu Anda keluarkan untuk tipe yang satu ini sekitar 224 hingga 457 jutaan rupiah.

Ada juga tipe Private yang dipatok dengan harga sekitar 650 jutaan rupiah hingga 1,7 milyar rupiah. Yang paling mahal adalah tipe pemakaman Teak Estate dengan harga sekitar 4 hingga 5 milyar rupiah. Lalu apa saja fasilitas yang akan didapat ketika menggunakan fasilitas makan senilai 5 milyar rupiah tersebut. Mulai dari kuburan pribadi aset privat taman yang luas, peralatan pemakaman, dan juga
sekuritas yang maksimal.

Sedangkan untuk fasilitas umum yang akan didapat pengunjung antara lain, taman pemakaman yang eksklusif, kapel, danau dengan luas sekitar 8 Ha, mushola, jogging track, restoran, florist, dan juga gift shop. Walaupun namanya cenderung kebarat-baratan, namun ternyata pemakaman ini termasuk pemakaman umum, yang artinya siapa saja dapat dimakamkan di tempat ini.

Dari ulasan di atas, jelas sudah bahwa disebut dengan pemakaman termahal di Indonesia lantaran fasilitas dan layanan yang diberikan pun sangat berbeda dengan TPU pada umumnya.

Semoga bermanfaat

Artikel Lainnya

Jasa Cargo Jenazah: Definisi, Persyaratan, dan Cara Memilihnya

Cara Mengurus dan Klaim Asuransi Kematian yang Benar

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman