Pengiriman jenazah merupakan salah satu layanan penting dalam masyarakat, khususnya ketika seseorang yang meninggal dunia berada jauh dari kampung halaman atau tempat pemakaman yang diinginkan oleh keluarga.

Proses ini membutuhkan perhatian khusus dan penanganan yang teliti untuk memastikan jenazah tiba di tujuan dengan kondisi yang baik dan sesuai dengan kehormatan yang layak. Artikel ini akan membahas apa itu pengiriman jenazah, tujuan pengiriman, kemungkinan pengiriman dari Tangerang ke Yogyakarta, serta kisaran biaya yang dibutuhkan untuk layanan ini.

Apa itu Pengiriman Jenazah dan Tujuannya?

Pengiriman jenazah, juga dikenal sebagai repatriasi jenazah, adalah proses memindahkan jenazah dari satu lokasi ke lokasi lain, baik itu antar kota, antar provinsi, maupun antar negara.

Tujuan utama dari pengiriman jenazah adalah untuk memungkinkan keluarga dan kerabat mengadakan upacara pemakaman di tempat yang mereka inginkan, yang biasanya merupakan kampung halaman atau tempat tinggal keluarga besar.

Selain itu, pengiriman jenazah juga memungkinkan jenazah dimakamkan di tempat yang memiliki nilai sentimental atau religius tertentu bagi keluarga. Proses ini melibatkan berbagai tahapan, mulai dari pengurusan dokumen administratif, penyiapan jenazah, hingga transportasi menggunakan moda transportasi yang sesuai, seperti mobil jenazah, pesawat terbang, atau kapal laut.

Apakah Mungkin untuk Melakukan Pengiriman Jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta?

Pengiriman jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta merupakan proses yang bisa dilakukan dengan bantuan jasa layanan pengiriman jenazah profesional. Tangerang dan Yogyakarta, meskipun berada di dua provinsi yang berbeda (Banten dan Daerah Istimewa Yogyakarta), memiliki akses transportasi yang cukup baik, baik melalui jalur darat maupun udara. Ada beberapa opsi pengiriman yang bisa Anda pilih dalam mengirimkan jenazah dari dua kota ini, yaitu:

A. Jalur Darat

Pengiriman jenazah melalui jalur darat bisa dilakukan menggunakan mobil jenazah yang telah dilengkapi dengan fasilitas khusus untuk menjaga kondisi jenazah selama perjalanan.

Perjalanan dari Tangerang ke Yogyakarta melalui jalur darat biasanya memakan waktu sekitar 10 hingga 12 jam, tergantung kondisi lalu lintas dan cuaca. Jalur darat seringkali dipilih karena fleksibilitasnya dan biayanya yang relatif lebih rendah dibandingkan jalur udara. Namun cukup beresiko dengan macet dan tidak direkomendasikan jika Anda memilih jasa pengurusan jenazah yang cepat.

B. Jalur Udara

Pengiriman jenazah melalui jalur udara lebih cepat namun cenderung lebih mahal. Jenazah akan diangkut menggunakan pesawat komersial yang memiliki layanan kargo jenazah. Penggunaan jalur udara memerlukan koordinasi yang lebih kompleks, termasuk pengurusan dokumen seperti surat keterangan kematian, surat dari rumah sakit, dan izin dari pihak maskapai penerbangan. Namun, jalur ini sangat efisien jika waktu menjadi faktor yang sangat penting bagi keluarga.

Kisaran Biaya Pengiriman Jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta

Biaya pengiriman jenazah dapat bervariasi tergantung pada beberapa faktor, termasuk jarak, moda transportasi, dan layanan tambahan yang diperlukan. Berikut ini adalah kisaran biaya yang umum untuk pengiriman jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta dengan layanan udara:

Biaya Pengiriman Jenazah melalui Jalur Udara

Untuk pengiriman melalui jalur udara, biaya mulai dari Rp 31.500.000 untuk area Indonesia bagian Barat, namun semua tergantung pada maskapai dan layanan tambahan. Biaya ini mencakup:

  • Pengurusan dokumen dan perizinan untuk pengiriman udara
  • Biaya kargo udara
  • Penjemputan dan pengantaran jenazah dari bandara tujuan ke lokasi pemakaman
  • Pelayanan pengiriman cargo jenazah economy dari Jakarta (Bandara Soekarno-Hatta) ke Sumatera, Jawa dan Kalimantan. Max. beban 170Kg.
  • Pengurusan, pemandian dan pengawetan jenazah (7 hari)
  • Peti jenazah & pengemasan

Butuh Pengiriman Jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta?

Pengiriman jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta adalah proses yang mungkin dilakukan dengan bantuan jasa layanan pemakaman profesional. Keluarga yang membutuhkan layanan ini memiliki beberapa pilihan, baik melalui jalur darat maupun udara, tergantung pada kebutuhan dan anggaran mereka.

Biaya pengiriman jenazah bervariasi tergantung pada moda transportasi yang dipilih dan layanan tambahan yang dibutuhkan.

Jasa layanan pengiriman jenazah seperti Kamboja menyediakan berbagai paket yang bisa disesuaikan dengan kebutuhan dan anggaran keluarga. Dengan demikian, keluarga dapat memastikan jenazah anggota keluarga mereka tiba di tempat tujuan dengan aman dan terhormat, memungkinkan mereka untuk mengadakan upacara pemakaman sesuai dengan tradisi dan keinginan mereka.

Melalui perencanaan yang baik dan pemilihan layanan yang tepat, proses pengiriman jenazah dari Tangerang ke Yogyakarta dapat berjalan lancar dan memberikan ketenangan bagi keluarga yang ditinggalkan.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Apa Saja Paket Proteksi Kamboja dan Kegunaannya

permalink

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0