Jasa Perawatan jenazah adalah bentuk penghormatan terakhir pada orang terkasih. Sebab itu, tak heran pihak keluarga pasti akan mengupayakan yang terbaik. Namun, belum semua orang berpengalaman dan paham untuk melakukannya.

Kedukaan yang seringkali datang secara tiba-tiba, tak memberi waktu bagi keluarga untuk melakukan berbagai persiapan. Padahal, untuk memberikan yang terbaik, ada beberapa hal yang perlu menjadi perhatian.

Artikel ini akan mengulas tentang tata cara perawatan sebelum menyemayamkan jenazah dalam Agama Kristen. Semoga artikel ini dapat menjadi informasi yang membantu bagi keluarga yang berduka maupun masyarakat secara umum.

Tata Cara Perawatan Jenazah dalam Agama Kristen

Agama Kristen memperlakukan jenazah dengan sangat hormat, selayaknya orang yang masih hidup. Berikut ini adalah urutan dan penjelasan mengenai tata cara perawatan sebelum menyemayamkan jenazah yang perlu Anda ketahui:

1. Memandikan

Tata cara yang pertama adalah membersihkan jenazah dengan cara memandikannya. Tujuan pembersihan ini adalah agar kondisi jenazah tetap baik selama proses persemayaman.

Terlebih, apabila orang tersebut memiliki luka pada kulit yang rentan membusuk. Maka, membersihkan jenazah bertujuan untuk meminimalkan perburukan kondisi dan timbulnya bau.

Orang yang terlibat biasanya adalah keluarga dekat. Misalnya, apabila yang meninggal orang tua, maka yang memandikan adalah anaknya.

Namun selain itu, pihak keluarga juga dapat memanfaatkan jasa layanan kedukaan yang menyediakan fasilitas tata cara memandikan jenazah. Biasanya, fasilitas ini menjadi satu paket hingga fasilitas pemakaman.

2. Mengenakan Pakaian

Selanjutnya, setelah jenazah dalam keadaan bersih, maka pihak keluarga akan mengenakan pakaian terbaik milik orang yang meninggal. Pada budaya tertentu, jenazah akan mengenai pakaian adat yang terbaik.

Pakaian adat menjadi lambang identitas bagi orang yang sudah meninggal tersebut. Selain itu, biasanya juga akan ada aksesoris terkait dengan adat yang juga keluarga kenakan pada jenazah. Misalnya adalah gelang dan cincin.

Selain pakaian adat, secara umum, jenazah pria akan mengenakan jas dan jenazah wanita akan mengenakan dress. Sedangkan apabila jenazah masih gadis, maka akan mengenakan pakaian pengantin.

3. Merias

Langkah perawatan jenazah berikutnya dalam agama Kristen adalah merias jenazah. Tujuan periasan adalah agar jenazah tampak cantik. Ini adalah bentuk penghormatan terakhir bagi orang terkasih yang sudah meninggal.

Riasan pada wajah jenazah dapat menyamarkan kulit yang mulai berubah warna. Penampilan jenazah ini akan menjadi kenangan terakhir bagi keluarga dan kerabat. Sehingga, tampilan yang cantik akan menjadi kenangan yang indah walaupun dalam suasana duka.

Dalam hal ini, apabila keluarga tidak dapat merias jenazah sendiri, maka juga dapat memanfaatkan jasa perias jenazah. Lembaga layanan kedukaan biasanya juga menyediakan fasilitas ini.

4. Memasukkan ke Dalam Peti

Jenazah akan masuk ke dalam peti dalam keadaan memakai pakaian terbaik dan wajah dengan riasan. Dalam agama Kristen, jenazah memang akan dimakamkan dengan peti.

Pada proses ini juga lah, mata, hidung, dan mulut jenazah akan dikondisikan tertutup. Sedangkan tangan akan diposisikan berada di atas perut. Apabila mulut sulit untuk tertutup, maka akan menggunakan tali atau semacamnya sebagai penyangga.

Penataan posisi jenazah dalam peti berupaya untuk menunjukkan kesan bahwa orang tersebut meninggal dengan tenang, damai, dan terhormat. Sebab itu, seringkali juga ada dekorasi yang menghiasi bagian luar dan dalam peti.

Dekorasi ini dapat menggunakan bunga plastik maupun bunga asli yang masih segar dan berbau harum.

5. Membawa ke Rumah Duka

Langkah perawatan jenazah dalam agama Kristen berikutnya adalah membawanya ke rumah duka atau tempat persemayaman. Proses persemayaman ini biasanya dapat berlangsung beberapa hari sesuai dengan kebutuhan keluarga.

Di rumah duka ini, jenazah akan didoakan beberapa kali, antara lain dalam ibadah penghiburan dan ibadah tutup peti. Jadi, doa ini tidak hanya bagi jenazah, namun juga bagi keluarga yang berduka.

Setelah penutupan peti dalam ibadah, maka akan masuk ke proses selanjutnya, yaitu pemakaman atau kremasi. Keluarga dapat memanfaatkan jasa pemakanan profesional untuk membantu proses ini.

Ibadah pelepasan jenazah akan diadakan untuk mengiringi proses pemakaman atau kremasi. Ini menjadi bagian perawatan atau perlakukan terbaik orang terkasih yang telah tiada.

Pengawetan Jenazah

Proses persemayaman jenazah dalam agama Kristen dapat berlangsung hingga beberapa hari. Misalnya, apabila masih menunggu keluarga atau kerabat yang datang dari jauh.

Inilah sebabnya ada pilihan untuk mengawetkan jenazah. Dengan demikian, penampilan jenazah akan tetap baik hingga semua keluarga datang dan penutupan peti. Proses pengawetan menggunakan zat khusus, yakni formalin.

Profesional yang melakukan penyuntikan pada area tertentu tubuh jenazah. Kemudian, juga akan menggunakan pompa khusus, agar zat pengawet dalam menyebar ke seluruh anggota tubuh jenazah.

Pihak profesional yang dapat melakukan pengawetan jenazah tentu tidak sembarangan. Mereka adalah mantri, dokter forensik, atau asisten dokter yang telah memiliki sertifikasi atau berpengalaman dalam melakukannya.

Layanan Perawatan Jenazah

Suasana duka dapat membuat Anda atau pihak keluarga mengalami kesulitan dalam melakukan perawatan pada jenazah orang terkasih. Sebab, memang tak sedikit pula yang perlu perhatian dalam mengurusnya.

Namun dalam hal ini, Anda tidak perlu khawatir, sebab sudah ada jasa on demand service Kamboja yang dapat membantu Anda dan keluarga. Kamboja, sebagai salah satu layanan kedukaan terbaik memiliki beberapa fasilitas yang dapat Anda manfaatkan.

Mulai dari pengurusan jenazah, batu nisan, peti jenazah, tenda, kursi, transportasi jenazah, karangan bunga, tempat pemakaman, pengurusan akta kematian, hingga konsumsi dalam masa persemayaman. Semua layanan lengkap ini dapat Anda dapatkan dalam paket biaya pemakaman dengan harga mulai dari Rp35.000.000,00.

Jika Anda merasa paket tersebut terlalu mahal, maka Anda dapat mendaftar paket asuransinya yang bisa Anda cicil per bulan dengan biaya premi mulai dari Rp35.000,00 per bulan.

Penghormatan Terakhir pada yang Terkasih

Melakukan perawatan jenazah terbaik bagi orang terkasih yang telah meninggal adalah penghormatan terakhir yang dapat keluarga lakukan. Namun, suasana duka seringkali membuat keluarga kurang fokus untuk melakukannya.

Sebab itu, memanfaatkan layanan proteksi pemakaman dari Kamboja dapat menjadi solusi. Keluarga dapat mengikuti semua prosesi dengan khidmat sambil tetap memberikan yang terbaik.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0