Sampai kapan batas manusia bisa hidup di Bumi ini hanyalah Tuhan yang tahu. Namun, Anda bisa berusaha untuk meningkatkan angka harapan hidup dengan menerapkan kebiasaan-kebiasaan baik. Banyak orang mencari rahasia umur panjang supaya dapat mencontoh apa saja kebiasaannya selama hidup.

Panjang umur menjadi impian mayoritas orang, namun mustahil bagi Anda untuk menolak menjadi tua. Nah, salah satu cara untuk memperpanjang umur yaitu dengan menerapkan berbagai gaya hidup positif.

8 Gaya Hidup yang Jadi Rahasia Umur Panjang

Ada banyak faktor yang mempengaruhi seseorang dapat hidup lama lebih dari 70 tahun, salah satunya adalah faktor genetika. Namun, di luar faktor gen dan keberuntungan, Anda bisa mengupayakan umur panjang dengan menerapkan gaya hidup sehat. Contoh gaya hidup tersebut antara lain:

1. Rajin Olahraga

Seperti yang sudah Anda ketahui, rajin olahraga mendatangkan banyak sekali manfaat untuk kesehatan tubuh. Seseorang yang jarang bergerak atau olahraga cenderung memiliki kondisi tubuh tidak bugar dari orang yang aktif olahraga.

Tidak perlu melakukan olahraga yang rumit dan intensitas berat, Anda bisa memulainya dengan aktivitas olahraga ringan. Misalnya jogging, lari, senam, dan lain sebagainya. Jenis-jenis olahraga tertentu dapat membawa pengaruh baik bagi tubuh, seperti menyehatkan jantung, paru-paru, hingga menjauhkan diri dari stres.

Rajin olahraga membantu tubuh Anda menjadi lebih sehat dan bugar. Sehingga, risiko terserang penyakit akan rendah dan Anda dapat hidup lebih lama. Apabila Anda bosan berolahraga sendirian, maka bisa bergabung ke aktivitas olahraga berkelompok, seperti basket, badminton, futsal, tenis, dan lain sebagainya.

Tujuan dari olahraga secara rutin tidak harus sampai menjadi ahli seperti atlet. Anda perlu mengetahui kondisi dan batasan tubuh untuk melakukan olahraga sesuai kemampuan tubuh Anda.

2. Tidak Merokok

Rahasia umur panjang berikutnya adalah tidak merokok. Anda tentu sering melihat poster yang menjelaskan betapa bahayanya rokok bagi kesehatan. Rokok dapat menimbulkan penyakit pada paru-paru, jantung, dan organ vital lainnya.

Bahkan, rokok termasuk penyumbang angka terbesar dalam penyebab kematian di Indonesia. Jika tujuan Anda adalah umur panjang, maka tidak mengonsumsi rokok adalah pilihan yang tepat.

Bagi Anda yang sulit berhenti merokok, Anda bisa coba mencari aktivitas penggantinya, seperti mengonsumsi permen karet, susu, kacang-kacangan, buah, dan sayur.

3. Tidak Minum Minuman Alkohol

Sama seperti rokok yang memberikan dampak negatif bagi kesehatan tubuh, minum minuman alkohol juga dapat memicu berbagai penyakit. Bahaya minum minuman keras antara lain menimbulkan hepatitis, sirosis, kanker, gangguan sistem pencernaan, dan lebih parahnya lagi adalah kematian.

Kecanduan minum minuman alkohol dapat mempersingkat angka harapan hidup Anda. Oleh sebab itu, jika Anda masih mengonsumsinya, maka Anda perlu berhenti mulai dari sekarang. Tidak ada kata terlambat untuk berhenti berubah. Anda masih bisa membenahi hidup dengan menjauhi alkohol dan menerapkan gaya hidup positif.

4. Tidur yang Cukup

Kebutuhan waktu tidur setiap rentang usia tertentu memiliki perbedaan. Sebut saja remaja yang idealnya tidur selama 8 sampai 10 jam per hari. Sedangkan waktu tidur ideal orang dewasa adalah 7 sampai 9 jam per hari.

Memenuhi jam tidur yang cukup dapat meningkatkan kualitas kesehatan tubuh. Anda cenderung akan bangun di pagi hari dengan perasaan segar setelah tidur cukup yang berkualitas daripada tidur selama 3 sampai 4 jam saja. Namun, masih banyak orang yang menyepelekan masalah jam tidur yang cukup.

Padahal, tidur yang cukup termasuk rahasia umur panjang karena dapat meningkatkan daya tahan tubuh, terhindar dari stres, menjaga kesehatan jantung, menguatkan daya ingat, dan lainnya. Sehingga, keesokan harinya Anda lebih bertenaga dan senang menjalani aktivitas seperti biasa.

5. Pergi Liburan

Terkadang, berdiam diri di rumah tanpa pergi mencari hiburan sama sekali dapat berdampak buruk bagi tubuh. Sesekali Anda perlu pergi liburan, baik sendirian atau bersama rombongan teman dan keluarga tercinta untuk meningkatkan suasana hati.

Berkunjung ke tempat baru dengan pemandangan yang menakjubkan serta aktivitas seru dapat membantu Anda mengurangi stres. Kebanyakan orang pada zaman sekarang mudah mengalami stres, sehingga pergi mencari udara segar sebaiknya perlu Anda jadikan sebagai jadwal rutinan untuk menghibur diri sendiri.

Anda bisa pergi berkunjung ke pantai, akuarium, kebun binatang, taman kota, mendaki gunung, dan tempat wisata lainnya yang menarik perhatian Anda. Selain mengurangi stres, jiwa Anda juga akan merasa bahagia.

6. Menghindari Stres Berkepanjangan

Stres yang berlebihan adalah rahasia umum seseorang tidak memiliki umur panjang dan meningkatkan risiko terkena penyakit mematikan. Misalnya penyakit stroke, jantung, diabetes, hingga depresi.

Jika ingin memiliki umur yang panjang, maka Anda perlu mengelola stres dengan baik dan tidak membiarkannya sampai berlarut-larut.

Lakukan aktivitas yang menurut Anda menyenangkan, sehingga dapat mengurangi beban stres. Jangan lupa istirahat yang cukup untuk mengistirahatkan otak agar Anda tidak terlalu banyak berpikir hingga pusing.

7. Menerapkan Pola Makan Sehat

Rahasia umur panjang berikutnya adalah menerapkan pola makan sehat. Terdapat studi penelitian yang menerangkan bahwa menerapkan pola makan sehat yang kaya gizi seimbang dapat membantu meningkatkan kualitas hidup dan memperpanjang angka harapan hidup.

Ragam bahan makanan yang dapat Anda konsumsi yaitu mulai dari buah-buahan, sayuran, kacang-kacangan, hingga biji-bijian. Selain itu, pastikan pula kandungan nutrisi dalam makanan tersebut sesuai dengan kebutuhan tubuh Anda.

Perbanyak makan makanan yang mengandung vitamin, antioksidan, dan lain sebagainya untuk menghindarkan Anda dari berbagai kemungkinan penyakit. Anda juga disarankan untuk menjauhi makanan cepat saji. Khususnya yang mengandung pengawet, pewarna, lemak jenuh, dan lainnya yang kurang baik untuk kesehatan.

8. Sering Senyum dan Tertawa

Ternyata memperbanyak senyum dan tertawa juga bisa membuat hidup Anda jauh lebih positif sehingga suasana hati dalam kondisi baik. Senyum dan tertawa dapat menyebabkan tubuh melepas hormon endorfin yang berfungsi untuk memperbaiki suasana hati.

Selain itu, hormon endorfin juga dapat melancarkan aliran darah yang baik untuk kesehatan jantung serta daya tahan tubuh Anda.

Sudahkah Anda Menerapkan Rahasia Umur Panjang di Atas?

Rahasia umur panjang di atas dapat membuahkan hasil yang memuaskan apabila Anda melakukannya secara konsisten. Terapkan kebiasaan gaya hidup yang positif supaya dapat menaikkan angka harapan hidup.

Sebelum manusia meninggal, ada beberapa hal yang perlu dipikirkan sebelumnya seperti biaya pemakaman. Harga tanah makam kian hari terus naik sehingga sebagian orang kesulitan membayar tanah makam. Oleh sebab itu, Anda bisa menggunakan asuransi pemakaman untuk persiapan dini.

Apabila Anda memanfaatkan jasa pemakaman di Kamboja selaku badan penyedia proteksi pemakaman terbaik di Indonesia, keperluan pemakaman saat meninggal nanti dapat terkendali dengan baik. Sehingga, proses pemakaman dapat berjalan lancar tanpa hambatan.

Selain itu, pihak keluarga juga dapat terbantu lantaran tidak perlu mengeluarkan banyak pengeluaran untuk penguburan jenazah.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Bagaimana Cara Pengiriman Jenazah Jakarta dan Sekitarnya

permalink

Apa Saja Peran dan Tugas Unit Penyelenggaraan Jenazah

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0