Satu hal yang pasti dari kehidupan adalah kematian, tidak ada yang dapat memprediksi kapan kematian akan tiba. Namun, mempersiapkannya sebelum hari duka itu tiba bisa dilakukan dari sekarang. Segala kejadian yang terjadi pada hari kedukaan akan terlihat begitu cepat, tetapi dibalik itu semua ada banyak hal yang perlu disiapkan. Salah satunya adalah peti jenazah.

Peti jenazah biasanya digunakan sebagai tempat meletakan jenazah yang akan dikuburkan. Pada umumnya, peti jenazah banyak digunakan oleh pemeluk agama tertentu. Hal ini karena, biasanya mereka memiliki tradisi dalam prosesi pemakaman sehingga membutuhkan peti jenazah. Peti jenazah juga digunakan untuk menghormati mendiang disaat terakhirnya. Di beberapa kondisi, peti jenazah berguna untuk menyemayamkan korban kecelakaan agar pihak keluarga tidak tertekan saat melihat kondisi terakhir korban.

Peti jenazah sendiri memiliki berbagai bentuk dan ukuran, serta kualitas yang berbeda tergantung dari penggunaan bahan saat proses produksi. Agar mendapatkan kualitas terbaik, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat memilih peti jenazah. Berikut tips memilih peti jenazah  berkualitas yang perlu disimak. 

peti jenazah jakarta berkualitas

1. Pilih bahan kayu yang berkualitas

Saat memilih peti jenazah perlu diperhatikan jenis bahan dasar kayu yang digunakan untuk pembuatan peti. Bahan dasar kayu yang bagus tentu akan mempengaruhi kualitas peti jenazah. Jenis kayu yang biasa digunakan untuk pembuatan peti jenazah yaitu kayu solid. Jenis kayu tersebut diketahui memiliki daya ketahanan yang baik. Ada juga peti yang dibuat menggunakan jenis kayu harbot atau fiber. Namun, jenis kayu ini jarang digunakan untuk membuat peti karena memiliki daya ketahanan yang kurang baik.

peti jenazah tangerang berkualitas

2. Sesuaikan dengan biaya yang dimiliki

Ketika ingin memesan peti jenazah, pastikan harga yang ditawarkan sesuai dengan alokasi biaya saat hari kedukaan. Jangan sampai biaya terlanjur habis padahal masih banyak perlengkapan yang dibutuhkan. Harga peti jenazah sendiri biasanya ditentukan dari kualitas bahan kayu yang digunakan. Namun bukan berarti harga murah memiliki kualitas bahan yang buruk. Misalnya seperti bahan MDF, harga yang ditawarkan sekitar Rp 3 juta untuk peti dewasa, namun kualitasnya masih cukup baik.

peti jenazah bandung berkualitas

3. Pilih bentuk peti yang sesuai dengan kepercayaan agama masing-masing

Bagi agama tertentu proses pemakaman perlu tata cara yang benar. Itu sebabnya, tidak semua agama memakai peti jenazah pada saat proses penguburan. Lalu bagaimana dengan jenazah yang positif Covid-19? Saat ini ada peti jenazah yang dikhususkan bagi umat muslim. Berbeda dengan peti jenazah pada umumnya, peti ini memiliki ukuran yang lebih tinggi dan lebarnya dipersempit. Hal ini bertujuan agar jenazah diposisikan seperti sedang menghadap arah kiblat. Pemilihan peti seperti ini penting agar proses penguburan tetap seperti aturan yang berlaku.

tips memilih peti jenazah berkualitas

4. Pilih pemesanan peti jenazah yang menawarkan paket layanan kedukaan

Saat ini beberapa tempat pemesanan peti jenazah sudah ada yang dilengkapi dengan paket layanan kedukaan. Layanan yang diberikan berupa jasa ambulance dan pemulasan jenazah. Tawaran ini bisa dijadikan pertimbangan untuk memesan peti jenazah. Selain memudahkan, paket ini juga lebih hemat, dengan begitu pihak keluarga tidak perlu lagi mencari jasa untuk mengurus jenazah. Masih bingung memilih tempat memesan peti jenazah sekaligus layanan kedukaan? Kamboja adalah solusinya.

Kamboja merupakan layanan proteksi pemakaman yang membantu keluarga mengurus segala keperluan yang dibutuhkan saat hari kedukaan tiba. Layanan yang diberikan mulai dari kebutuhan administrasi, lokasi pemakaman, pengurusan jenazah dan peti jenazah, hingga transportasi jenazah dan keluarga. Pelayanan lengkap yang diberikan Kamboja akan memudahkan keluarga untuk mengurus proses pemakaman. Kamboja menawarkan biaya proteksi yang terjangkau, mulai dari Rp 35 ribu/bulan, Kamboja akan membantu mengurus prosesi pemakaman dengan baik, sehingga keluarga tidak perlu mempersiapkan kebutuhan pemakaman. Kamboja memberikan pelayanan untuk wilayah Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi, Bandung dan berbagai wilayah lain di pulau Jawa. 

Itulah beberapa tips yang bisa menjadi pertimbangan dalam memilih peti jenazah. Ada baiknya mempersiapkan kebutuhan ini dari jauh hari. Hal ini bertujuan agar pihak keluarga tidak kesusahan mencari segala perlengkapan pemakaman. Kita tidak pernah tahu apakah keluarga yang ditinggalkan sudah siap dari segi mental dan materi.

Artikel Lainnya

Hukum Mengurus Jenazah Muslimah, Syarat, Proses, Hingga Doa yang Perlu Dibaca!

7 Alasan Kenapa Kamu Perlu Memiliki Asuransi Jiwa

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman