Al Azhar Memorial Garden merupakan pemakaman muslim satu-satunya yang ada di Indonesia, dengan konsep seperti taman yang penuh dengan rerumputan hijau dan berhias bunga-bunga yang indah. Pemakaman Islam ini hadir memberikan pilihan dan solusi dalam hal penyediaan layanan terkait pemakaman.

Layanan yang tersedia di Pemakaman Al Azhar Karawang mulai dari jasa proses pemulasaraan jenazah hingga  pemakaman yang sesuai dengan syariat Islam.

Di balik uniknya pemakaman ini, ada sejarah menarik yang perlu Anda ketahui. Bagaimana latar belakang berdirinya al-Azhar Memorial Garden sampai-sampai terkenal menjadi makam muslim satu-satunya di Indonesia dengan konsep taman? Berikut ulasannya!

Mengenal Al Azhar Memorial Garden

Sebelum menceritakan latar belakang berdirinya, pasti Anda bertanya-tanya tentang apa itu al-Azhar memorial Garden? Jawabannya adalah taman pemakaman muslim dengan luas sekitar 25 hektar yang terletak di Karawang Timur, Jawa Barat. Oleh karena itu, pemakaman ini juga sering disebut sebagai pemakaman Al Azhar Karawang.

Pemakaman muslim ini tepatnya berlokasi sekitar 10 menit dari exit tol Karawang Timur 2 dan dapat pula diakses melalui tol Layang Jakarta Cikampek. Pemakaman dengan luas 25 hektar tersebut dapat menampung sekitar 29.000 jenazah yang berkonsep “makam di dalam taman”, yaitu landscape yang hijau dan asri.

Al Azhar Karawang dikelola secara profesional, sehingga menjadi salah satu taman pemakaman terbaik yang membantu khusus warga muslim dalam proses penyediaan lahan makam hingga prosesi pemakaman yang disesuaikan dengan syari’at Islam. Bahkan bisa juga digunakan sebagai sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang pemakaman Islam.

Pemakaman Al Azhar Karawang telah hadir selama 12 tahun sebagai pemakaman muslim yang menjadi pilihan tepat sesuai syari’at. Al Azhar Karawang juga mengusung konsep pemakaman yang memadu padankan lahan makam dengan taman landscape yang lengkap dengan walkway atau jalan setapak, sehingga membuat pemakaman ini terkenal lebih dari sekadar lahan makam.

Taman makam Islam dengan adanya walkway tidak akan membuat Anda khawatir makam akan terinjak, terlangkahi, terduduk, bahkan dapat memudahkan Anda untuk menemukan makam yang Anda ingin kunjungi.

Konsep taman yang diusung oleh Al Azhar Memorial Garden juga membuat momen berziarah terasa lebih khidmat dan menyenangkan. Tak heran jika Al Azhar Karawang menjadi salah satu tempat pemakaman termahal di Indonesia dengan biaya yang cukup fantastis. Meski begitu, pemakaman ini memberikan pelayanan terbaiknya dalam berbagai hal.

Alasan Memilih Al Azhar Memorial Garden Sebagai Tempat Peristirahatan Terakhir

Yayasan Pesantren Islam Al Azhar mengelola  Pemakaman Al Azhar secara profesional dengan beberapa kelebihan menarik di dalamnya, antara lain:

1. Pemakaman Khusus untuk Muslim

Pemakaman Al Azhar diperuntukkan khusus untuk muslim sehingga tidak usah khawatir akan bercampur dengan pemakaman non muslim. Hal tersebut tentunya sesuai dengan ajaran Islam yang melarang untuk menyatukan pemakaman antara warga muslim dan non muslim.

2. Dikelola oleh YPI Al Azhar

Unit usaha Yayasan Pesantren Al Azhar merupakan pengelola Al Azhar Memorial Garden sejak tahun 2011. Pembangunan pemakaman Islam Al Azhar bertujuan untuk melayani umat Islam, baik dalam hal pemulasaraan dan pemakaman jenazah sekaligus sarana sosialisasi kepada masyarakat tentang tata cara pemakaman jenazah sesuai anjuran agama Islam.

3. Menyediakan Ustadz Khusus

Al Azhar Karawang menyediakan ustadz khusus untuk membimbing dan melayani Anda selama proses pemakaman, mulai dari memandikan jenazah hingga proses pemakaman berakhir. Jadi, para kerabat dapat mengikuti prosesi pemakaman dengan baik dan benar sesuai etika Islam.

4. Lokasi yang Strategis

Berlokasi di Karawang Timur, tepatnya di pinggir jalan tol Jakarta-Cikampek membuat lokasi Al Azhar Memorial Garden sangat mudah untuk Anda jangkau, terutama jika ingin datang untuk berziarah.

5. Memiliki Sertifikat Arah Kiblat

Sertifikat arah kiblat oleh Kementrian Agama sangat menjamin kepastian posisi makam yang sesuai dengan syari’at Islam. Dalam tradisi muslim, jenazah ketika dimakamkan harus menghadap ke arah kiblat sehingga sertifikat arah kiblat ini sangat membantu terjaminnya mutu pemakaman menurut ajaran Islam.

6. Menyediakan Layanan dan Fasilitas Terbaik

Pemakaman Al Azhar Karawang akan membantu Anda untuk menyiapkan makam dan memberikan layanan terbaik untuk Anda selama proses pemakaman berlangsung, mulai dari memandikan, mengkafani, menunaikan shalat jenazah, dan memberangkatkan ke lokasi pemakaman hingga proses pemakaman selesai. Tentunya layanan tersebut sesuai dengan syariat Islam, jadi tidak perlu khawatir.

Selain itu, fasilitas yang dalam area pemakaman Al Azhar Karawang juga sangat lengkap, seperti masjid yang nyaman, toilet yang bersih, parkiran yang luas, pemandangan hamparan rumput yang asri, playground, lounge, dan lainnya.

7. Menyediakan Walkaway Track

Tersedianya walkaway track sangat memudahkan pengunjung untuk berziarah tanpa takut mengganggu tempat peristirahatan yang lain, seperti menginjak, melangkahi, maupun menduduki makam yang lain.

8. Memiliki Landscape Indah

Pemakaman di sana mengusung konsep taman yang asri dan bersih, sehingga tidak memberikan kesan menyeramkan, namun malah merasa nyaman dan senang ketika datang berziarah, terutama bagi anak-anak.

9. Perawatan Rutin

Al Azhar Memorial Garden melakukan perawatan area kavling pemakaman setiap hari guna memastikan tidak ada sampah, rumput liar, atau daun kering yang berserakan. Tujuannya adalah agar makam selalu terlihat rapi, bersih, dan tenang sehingga peziarah dapat merasa nyaman.

10. Lokasi yang Tertata

Pemakaman di Al Azhar Karawang tertata dengan sebegitu apiknya, rapi, dan teratur. Bahkan setiap makam akan terdapat nomor alamat yang jelas sehingga mudah untuk ditemukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu khawatir tertukar, karena satu unit makam hanya khusus untuk satu orang.

11. Menyediakan Sertifikat Pemanfaatan Lahan Makam

Setiap pembeli lahan kuburan Al Azhar Karawang akan memperoleh sertifikat pemanfaatan lahan makam dari Yayasan Pesantren Islam Al Azhar. Hal tersebut bertujuan agar lahan kubur yang telah Anda beli terjamin dan secara pasti tidak akan hilang atau tertumpuk dengan kuburan yang lainnya.

12. Bebas Biaya Pemeliharaan

Pembelian lahan di pemakaman Al Azhar bersifat on time payment, artinya Anda hanya wajib membayar sekali di muka. Setelahnya Anda akan terbebas dari biaya apapun selamanya, termasuk babas biaya pemeliharaan makam.

Tertarik Memesan Kavling di Al Azhar Memorial Garden?

Pemakaman Al Azhar Karawang menawarkan banyak kelebihan yang menarik, tak heran jika harganya sangat fantastis. Apakah Anda tertarik untuk membeli lahan pemakaman muslim terbaik di Indonesia ini? Tidak ada salahnya untuk membeli jika Anda memberikan penghormatan terbaik untuk orang-orang tercinta.

Jika membutuhkan jasa pemakaman, silakan cari informasi lengkapnya di situs kamboja. Kamboja menyediakan paket proteksi pemakaman dan jasa pelayanan pemakaman bagi anda dan keluarga tercinta anda dalam memberikan dukungan emosional dan perecanaan.

Disclaimer: Kamboja tidak dapat menjamin kebenaran atau keakuratan data, tips maupun informasi yang tercantum di dalam artikel diatas. Mohon hubungi pihak terkait atau pun instansi yang berwenang jika anda memerlukan bantuan medis maupun administratif.

Artikel Lainnya

Nafsul Muthmainnah Jakarta, Pengurusan Pemakaman di Jakarta Timur

permalink

Butuh Pengiriman Jenazah ke Sumatera Cek di Sini!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 5.0/5.0