Ada berbagai model kuburan katolik minimalis, tipe ini semakin banyak diminati. Mulai dari model nisan, model bangunan makam, hingga berbagai macam bahan yang menjadi pertimbangan.

Makam merupakan penghormatan terakhir kepada jenazah dari keluarga. Oleh karena itu, tak heran keluarga akan mengusahakan yang sebaik mungkin. Tak perlu selalu mewah, model yang minimalis layak menjadi pilihan.

Artikel ini akan membahas beberapa model makam dengan bentuk yang minimalis. Tak berarti murah, model minimalis memang memiliki keunggulan tersendiri. Kesan elegan dan teduh adalah beberapa tujuan yang disasar.

8 Model Kuburan Katolik Minimalis

Berikut ini adalah 8 model makam minimalis yang banyak diminati oleh umat katolik. Semoga dapat menjadi inspirasi bagi Anda.

1. Model Kuburan Katolik Minimalis dengan Nisan Sederhana

Model yang pertama adalah dengan bentuk nisan yang sederhana. Umat katolik biasanya memilih bentuk salib. Bentuk lainnya adalah persegi menyerupai kitab suci yang terbuka.

Nisan dengan model kitab suci memiliki kelebihan, yaitu dapat memuat lebih banyak tulisan. Jadi, tidak hanya menuliskan identitas jenazah, kerabat juga dapat menuliskan ayat kitab suci yang dipilih untuk mengantarkan kepergian jenazah.

Bentuk nisan sederhana semacam ini akan memudahkan perawatan pemakaman. Karena, tidak banyak sudut atau detail nisan yang perlu dibersihkan secara berkala.

2. Nisan Berbentuk Bangunan

Lebih detail dari model yang sebelumnya, namun masih masuk kategori model kuburan katolik minimalis. Umat katolik juga suka membuat bangunan pada nisan makam. Salah satu yang paling umum adalah berbentuk rumah.

Bentuk rumah ini melambangkan peristirahatan terakhir bagi kerabat mereka yang telah meninggal. Tidak terlalu rumit, biasanya di atas nisan yang bertuliskan identitas makam, ditambahkan atap kecil.

Apabila membandingkannya dengan model yang sebelumnya, model yang ini memang akan lebih membutuhkan perawatan. Namun, perawatan yang diperlukan sepadan dengan estetika bentuk makam didapat.

3. Ada Vas Bunga

Model kuburan katolik minimalis selanjutnya adalah dengan vas bunga. Umumnya, vas bunga tidak diletakkan begitu saja, namun menyatu dengan makam. Kerabat biasanya membuat vas yang menempel pada bangunan makam.

Tujuan dari adanya vas ini adalah sebagai tempat untuk meletakkan bunga ketika mengunjungi makam.

Memang terdapat beberapa cara menghormati kerabat yang telah meninggal ketika mengunjungi makamnya. Selain dengan menebar kelopak bunga mawar yang beraroma harum, meletakkan bunga pada vas juga menjadi pilihan.

Beberapa orang memang lebih suka menggunakan vas, karena memperhitungkan kebersihan makam. Selain itu, preferensi pribadi mengenai mana yang dipandang lebih menarik juga menentukan pemilihan.

4. Model Kuburan Katolik Minimalis Tanpa Pembatas

Ciri model makam minimalis berikutnya adalah tidak menggunakan pembatas. Pembatas yang dimaksud biasanya berupa bangunan yang membatasi gundukan tanah makam.

Sebagian umat katolik membiarkan makam kerabat mereka tanpa pembatas. Bukan tanpa alasan, beberapa komplek makam memang menentukan aturan bentuk makam. Selain itu, alasan lainnya adalah memilih model yang memang minimalis.

Agar tetap tampak indah, makam tanpa pembatas biasanya ditanami dengan rumput jepang yang halus. Tetapi model ini memang membutuhkan perawatan ekstra, yaitu pemotongan rumput secara berkala agar tetap rapi.

5. Dengan Dinding Pembatas

Model kuburan katolik minimalis berikutnya yaitu dengan dinding pembatas yang mengelilingi gundukan tanah makam. Dinding biasanya dibuat rendah tanpa banyak detail ornamen, sehingga kesan minimalis masih sangat kuat.

Tujuan pembuatan dinding adalah agar makam tidak mudah terinjak. Dinding juga berperan agar gundukan tanah tidak mudah terbawa aliran air saat hujan. Dengan demikian, tanah makam tidak mudah terkikis.

Dinding pembatas ini juga memberikan ruang yang cukup luas dan terbuka untuk area menabur bunga ketika kerabat berkunjung. Pada bagian yang terbuka ini, Anda dapat menanam rerumputan pendek.

Rumput ini akan mencegah tumbuhnya rumput liar. Selain itu, adanya rumput-rumput yang rapi akan membangun kesan teduh dan nyaman.

6. Model Kuburan Tertutup Sebagian

Model kuburan katolik minimalis selanjutnya sedikit berkebalikan dengan model sebelumnya. Apabila pada model sebelumnya tersedia area terbuka yang cukup luas pada gundukan tanah makam, model yang satu ini menutup sebagian area.

Penutupan sebagian area ini hanya menyisakan sedikit celah pada bagian tengah gundukan tanah makam. Penutupan biasanya menggunakan bahan yang sama dengan bangunan nisan itu sendiri, misalnya semen atau batu alam.

Tujuan penutupan ini adalah membatasi area yang terbuka, sehingga tak banyak rumput liar yang akan tumbuh. Keunggulan lainnya adalah bentuk makam akan lebih terlihat rapi.

Pemilihan bentuk makam seperti ini biasanya dilakukan sesuai dengan prosedur atau langkah mengurus pemakaman. Pengelola pemakaman akan memberi rekomendasi model minimalis seperti apa yang paling sesuai.

7. Model Kuburan Tertutup

Tidak hanya membiarkan sedikit celah pada gundukan tanah makam. Beberapa umat katolik memilih untuk menutup total tanah makam dengan bahan.

Model kuburan katolik minimalis ini memiliki keunikan tersendiri, karena kemudahan dalam perawatan. Penutupan total membuat makam tidak perlu sering dibersihkan, karena rumput liar tidak dapat tumbuh di makam.

Namun, meski demikian, tetap ada kelemahan dari model ini. Misalnya apabila struktur tanah makam mudah bergerak. Hal semacam ini menyebabkan bangunan makam akan mudah retak.

Bahan Kuburan Katolik Minimalis

Setelah membahas berbagai model, bahan untuk membangun model kuburan katolik minimalis juga perlu Anda pahami. Terdapat beberapa jenis bahan yang dapat Anda manfaatkan.

Tidak bisa dipungkiri, pemilihan bahan menentukan nilai estetika dari bangunan makam itu sendiri. Beberapa rekomendasi adalah batu granit, marmer, hingga porselen. Setiap bahan memiliki kelebihannya masing-masing.

Beberapa komplek pemakaman mungkin menentukan bahan yang diizinkan untuk digunakan. Oleh karena itu, Anda mungkin perlu berkonsultasi dengan pengelola pemakaman sebelum memilih model dan melakukan pembangunan.

Memadukan Model Kuburan Katolik Minimalis

Demikian beberapa rekomendasi model untuk bentuk makam katolik. Ada baiknya Anda memadukan beberapa model untuk memilih model yang paling sesuai.

Terdapat beberapa pertimbangan dalam memilih model makam. Pertama, apakah ada aturan khusus dari komplek pemakaman. Kedua, apakah Anda dan kerabat membutuhkan area yang cukup luas untuk menaburkan atau meletakkan bunga.

Ketiga, apakah makam terletak di tanah yang mudah bergerak. Karena, hal ini akan menentukan jadwal perawatan dan perbaikan makam.

Oleh karena itu, akan lebih baik jika Anda dan keluarga memilih dan memadukan model kuburan katolik minimalis. Semoga penjelasan beberapa model makam minimalis di atas dapat memberi Anda dan keluarga inspirasi yang paling sesuai.

Artikel Lainnya

Waruga: Tradisi Pemakaman Unik dari Suku Minahasa

permalink

Tujuan Memberikan Karangan Bunga Duka Cita, Ada Makna Spiritualnya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman