Kedukaan memang datang kapan saja dan tidak ada satu orang pun di dunia yang mengetahuinya. Ketika hari itu tiba, maka pihak yang ditinggalkan bukan hanya bersedih melainkan harus mempersiapkan segala hal terkait proses pemakaman.

Sebagai seorang muslim, akan lebih baik jika Anda meringankan beban saudara muslim lainnya. Ini berlaku baik ketika Anda hidup maupun sudah meninggal. Salah satu cara meringankan beban saudara kita ketika Anda meninggal yaitu mempersiapkan tanah pemakaman sebelum ajal tiba.

Perlukah Menyiapkan Tanah Makam Sebelum Meninggal?

Umur seseorang memang tidak ada yang tahu, tidak ada satu orang pun yang mengetahui kapan ajal menjemput. Ketika kedukaan telah tiba, biasanya ada keluarga yang bingung ke mana harus memakamkan jenazah anggota keluarganya tersebut.

Itulah mengapa sebaiknya Anda perlu menyiapkan pemakaman Anda sendiri. Anda bisa membuat wasiat kepada anggota keluarga terkait pemakaman Anda nanti. Berikut beberapa tips penting bagi yang ingin mempersiapkan makam keluarga:

1. Persiapkan Sebelum Wafat

Salah satu sahabat Nabi yang dijamin masuk surga yaitu Utsman bin Affan berwasiat bahwa beliau ingin dimakamkan di tempat tertentu. Selain itu, salah satu istri Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam yaitu Aisyah pun juga melakukan wasiat yang serupa.

Oleh karena itu, tidak ada salahnya untuk memberikan wasiat terlebih dahulu. Dengan begitu, keluarga telah memiliki rencana dan persiapan ketika Anda sudah meninggal nanti.

2. Pastikan Tanah Makam Sesuai Syariat Islam

Meskipun sudah membuat wasiat, anggota keluarga juga perlu mengecek apakah tempat pemakaman tersebut sesuai syariat atau tidak. Meskipun ini hasil wasiat, namun ketika pemakamannya tidak sesuai syariat Islam maka wasiat tersebut tidak harus dipenuhi.

Beberapa kriteria penting berkaitan dengan pemakaman yang sesuai syariat Islam antara lain:

  • Menghadap kiblat.
  • Tidak boleh bercampur antara makam muslim dan non-muslim.
  • Makam memiliki kedalaman 1,5 meter.
  • Boleh meletakkan batu nisan untuk penanda.
  • Makam yang lokasinya tidak menyulitkan anggota keluarga untuk melakukan proses pemakaman maupun berziarah.
  • Berdasarkan Fatwa Majelis Ulama Indonesia Nomor 9 tahun 2014, bahwa membeli makan yang di dalamnya terdapat israf dan tabzir hukumnya haram.
    • Israf, terdapat unsur melebihkan keinginannya melebih yang seharusnya.
    • Tabzir, menggunakan harta untuk keperluan yang tidak perlu (boros).

3. Memilih Makam Bebas Biaya Sewa Perawatan dan Biaya Tahunan

Tips berikutnya, makam tersebut juga harus bebas dari biaya tahunan serta perawatan. Ketika Anda harus membayar biaya sewa tahunan serta perawatan, maka ini akan memberatkan.

Setiap tahun Anda harus menyiapkan dana tertentu untuk kebutuhan makam. Padahal Anda bisa memanfaatkan dana tersebut untuk kebutuhan lain yang lebih bermanfaat.

Maka dari itu, akan lebih baik Anda membeli makam bersertifikat. Pastikan pengelola makam tidak mengharuskan Anda membayar biaya tahunan.

4. Beli Makam Sesuai Kemampuan

Tidak kalah penting, membeli tanah makam juga tidak perlu berlebihan. Jangan memaksakan diri untuk melakukan sesuatu yang sifatnya israf maupun tabzir. Dua hal tersebut merupakan sesuatu yang di haramkan.

Anda bisa berkonsultasi dengan ulama atau seseorang yang paham dengan dua hal ini. Kemudian Anda bisa mendapat gambaran kira-kira di mana Anda bisa membeli makam yang sekaligus menghindarkan Anda dari israf serta tabzir tersebut.

5. Persiapkan Makam untuk Orang Tua

Agar bakti tidak sampai terputus meskipun orang tua telah meninggal, Anda bisa mempersiapkan tempat makam untuk orang tua. Tujuannya agar para anggota keluarga bisa lebih mudah ketika ingin berziarah.

Selain itu, agar aktivitas berziarah yang dilakukan bisa lebih khusyuk serta khidmat. Anda perlu memilih lahan pemakaman yang tidak menyulitkan kegiatan doa untuk orang tua. Selain itu, ajaklah anak-anak Anda untuk berziarah karena pada dasarnya ziarah kubur hukumnya sunnah.

Tips Mempersiapkan Kain Kafan

Selain menyiapkan tanah makam, ada hal lain yang sifatnya wajib yaitu menyiapkan kain kafan. Setiap orang Islam yang meninggal dunia akan menggunakan kain kafan sebagai pakaian terakhirnya.

Hukum mengafani jenazah yaitu wajib. Selain itu, akan lebih baik jika kain kafan berasal dari harta si jenazah. Kemudian, hendaknya membeli kain kafan terlebih dahulu daripada membagi harta
waris maupun menjalankan wasiat orang yang sudah meninggal.

Itu artinya, kain kafan ini merupakan hal yang sangat penting dan harus menjadi prioritas. Lalu bagaimana ketika si jenazah tersebut tidak mempunyai harta untuk membeli kain kafan? Hal ini akan menjadi tanggung jawab ahli waris.

Tugas untuk membeli kain kafan sekaligus menyiapkan dananya adalah tanggung jawab anggota keluarganya. Sementara itu, ketika mereka juga tidak mampu membelinya, maka solusinya adalah dengan mengambil dana dari baitul mal.

Sementara itu, bagaimana jika baitul mal pun kosong? Maka para kaum muslim lah yang bertugas untuk meringankan saudaranya dengan membantu membelikan kain kafan. Bisa juga dengan cara iuran atau langsung dibelikan oleh perseorangan.

Sudah Paham Pentingnya Mempersiapkan Tanah Makam?

Itulah beberapa tips penting terkait persiapan tanah pemakaman bagi jenazah serta kain kafannya. Untuk memudahkan Anda terkait proses pemakaman, Anda bisa mendaftar asuransi kematian Kamboja.

Kamboja merupakan jasa pemakaman terpercaya. Sebuah solusi bagi Anda dan anggota keluarga ketika hari itu telah tiba. Berbagai keperluan pemakaman akan langsung ditangani Kamboja melalui pihak yang profesional di bidangnya.

Selain itu, Kamboja juga memberikan dukungan emosional maupun perencanaan keuangan bagi anda agar tidak terbebani saat hari itu tiba. Tidak kalah penting, Kamboja juga menawarkan TPS San Diego Hills dan Al-Azhar Memorial Garden maupun TPU lainnya untuk keperluan anda. Inilah yang menjadikan Kamboja sebagai tempat terbaik untuk pengurusan makam dan pastinya 100% sesuai syariat Islam.

Artikel Lainnya

Kenali Lebih Jauh tentang Pemakaian Formalin Mayat, Apakah Boleh

permalink

Mengenal Proses Pembalseman Mayat, Begini 5 Caranya!

permalink

Segala kebutuhan mereka
di saat kita telah tiada

Proses pemakaman merupakan sebuah beban yang kadang tidak terpikirkan. Dapatkan kemudahan bersama kami.
Proteksi Pemakaman Jasa Pemakaman
Rated Excellent 4.9/5.0